SUARA INDONESIA

Cuaca Tak Bersahabat, Satpolairud Situbondo Imbau Masyarakat Pesisir dan Nelayan Waspada

Syamsuri - 28 January 2024 | 18:01 - Dibaca 553 kali
News Cuaca Tak Bersahabat, Satpolairud Situbondo Imbau Masyarakat Pesisir dan Nelayan Waspada
Petugas Satpolairud Polres Situbondo saat  menginformasikan  prakiraan cuaca dari BMKG kepada nelayan. (Foto: Humas Polres Situbondo)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO – Satpolairud Polres Situbondo meminta masyarakat pesisir dan nelayan di perairan setempat selalu waspada. Karena berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Juanda, hujan deras bakal disertai angin kencang di wilayah Jawa bagian timur dan Selat Madura.

Anggota Satpolairud Situbondo Bripka Farhan Hariz, mengimbau para nelayan agar selalu memonitor prakiraan cuaca dari BMKG yang sudah dibagikan kepada kelompok nelayan. Mereka juga diminta tak memaksakan berlayar apabila kondisi cuaca tidak bersahabat. Namun, jika terpaksa melaut harus membawa alat keselamatan.

“Apabila tidak mempunyai pelampung, bisa meminjam di Pos SAR Satpolairud untuk perlindungan jika terjadi cuaca buruk di tengah laut,” katanya.

Sementara itu, Kasatpolairud Situbondo AKP Gede Sukatrmadiyasa mengatakan, setelah mendapatkan informasi prakiraan cuaca dari BMKG, pihaknya akan meneruskan kepada masyarakat pesisir dan nelayan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Menurutnya, selain memberikan imbauan, anggotanya juga tak segan membantu nelayan bila terjadi angin dan gelombang besar. Salah satunya dengan membantu nelayan mengencangkan tali jangkar agar perahu atau kapal tidak terbawa arus.

“Kami bersinergi mengamankan kapal dan perahu yang bersandar di Pelabuhan Kalbut, termasuk bersama-sama menjaga kapal di pelabuhan,” ucapnya.

Salah seorang nelayan Pelabuhan Kalbut, Bahri (37) mengungkapkan, Sapolairud selalu memberi informasi bila terjadi angin kencang dan gelombang tinggi. Sehingga pemilik perahu bisa datang sandaran dan menjaga agar perahu tidak lepas dari dermaga.

“Kami juga menyampaikan terima kasih, karena Satpolairud Polres Situbondo membantu nelayan dengan memberi informasi prakiraan cuaca, serta turut mengamankan kapal-kapal di pelabuhan,” pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV