SUARA INDONESIA

Revitalisasi Total Alun-alun Sidoarjo 2024, Bakal Disulap Menjadi RTH Modern dan Nyaman

Amrizal Zulkarnain - 02 February 2024 | 13:02 - Dibaca 903 kali
News Revitalisasi Total Alun-alun Sidoarjo 2024, Bakal Disulap Menjadi RTH Modern dan Nyaman
Tampak sisi Timur Alun-alun Sidoarjo pasca direvitalisasi. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, berkomitmen untuk melakukan revitalisasi total Alun-alun Sidoarjo pada tahun 2024. Hal tersebut dilakukan pasca berhasil merevitalisasi sisi Timur Alun-alun. 

Kemudian langkah selanjutnya akan mencakup keseluruhan sisi Alun-alun. Rencananya, tahap lelang manajemen konstruksi (MK) sedang proses, diikuti oleh lelang pelaksana proyek pada bulan Maret 2024.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan bahwa revitalisasi ini bertujuan memenuhi kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Sidoarjo. 

"Harapannya nanti dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan fasilitas modern yang nyaman kepada warga," tutur Bupati Sidoarjo, Ahmad Mudhlor Ali.

Sementara, Hery Santoso, Kepala Bidang Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo, mengungkapkan bahwa revitalisasi akan mencakup semua sisi Alun-alun, termasuk desain yang akan diputuskan setelah tahap lelang selesai. 

"Perkiraan pengerjaan proyek adalah pertengahan tahun 2024," ujar Hery Santoso, saat dikonfirmasi, pada Jumat (2/2/2024).

Ia juga menyampaikan, revitalisasi ini merupakan transformasi Alun-alun menjadi Ruang Terbuka Hijau yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, dengan penambahan taman keluarga, taman bermain, dan taman aktivitas. 

Selain itu, lapangan voli di sisi barat juga akan berubah menjadi taman lengkap dengan fasilitas bermain. 

"Langkah ini mengharuskan tim voli untuk pindah ke tempat lain," jelasnya.

Hery, menekankan bahwa ada perubahan signifikan pada bagian barat Alun-alun, termasuk penataan lahan parkir yang lebih baik. 

"Perawatan rumput di tengah Alun-alun dan perbaikan atap Paseban Alun-alun juga menjadi fokus perhatian dalam revitalisasi ini,". (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV