SUARA INDONESIA

Peringati Hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, 80 Anak Ikuti Khitan Massal di Ponpes Jombang

Gono Dwi Santoso - 04 February 2024 | 21:02 - Dibaca 553 kali
News Peringati Hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW, 80 Anak Ikuti Khitan Massal di Ponpes Jombang
Suasana kegiatan khitan massal yang diadakan di Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon minal Iman Shiddiqiyyah Ploso, Jombang, Minggu (04/02/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW salah satu perusahaan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menggelar khitanan massal yang diadakan di Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon minal Iman Shiddiqiyyah, Ploso, Jombang, Minggu (04/02/2024).

Khitanan massal ini diikuti puluhan anak dari berbagai daerah. Anak-anak yang ikut khitan massal juga mendapatkan bingkisan berupa sarung, baju, kopiah dan sejumlah uang tunai.

Pantauan di lokasi acara, para orang tua yang mendampinginya tampak berusaha menenangkan anaknya sembari membaca doa. "Ya, menangis sebentar, terus setelah selesai disunat tidak apa-apa,” kata Paijo, yang mengantar cucunya, Musa.

Selain Musa, terlihat peserta lain yang histeris saat disunat. Bahkan, hingga selesai disunat, bapaknya terlihat terus menenangkan sang anak yang masih berusia 5 tahun tersebut.

"Mungkin karena anaknya masih kecil, jadi ya menangis. Dia sekolah TK nol besar. Dan mungkin paling kecil di antara peserta lainnya," terangnya.

Ketua panitia acara, Satria Hilmi mengatakan, di Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Hubbul Wathon minal Iman Shiddiqiyyah sudah bertahun-tahun melaksanakan khitan massal.

"Kami melestarikan tradisi itu. Tahun ini kami lestarikan 80 peserta, yang tahun 2020 jumlahnya 65 peserta. Alhamdulillah ada peningkatan," kata Hilmi.

Menurut dia, puluhan anak yang disunat berasal dari berbagai daerah, seperti Surabaya, Sidoarjo, Nganjuk, Ponorogo dan Jombang.

Tujuan utama, adalah memberikan contoh kepada anak-anak bahwa khitan adalah salah satu syariat yang harus dilaksanakan umat islam. "Ketika mereka sudah dikhitan, diharapkan kedewasaannya," kata dia ditemui di sela acara. (*)


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV