SUARA INDONESIA

Sebagain Petani Padi di Sampang Terancam Gagal Panen, Akibat Serangan Hama Wereng

Hoirur Rosikin - 18 March 2024 | 18:03 - Dibaca 412 kali
News Sebagain Petani Padi di Sampang Terancam Gagal Panen, Akibat Serangan Hama Wereng
Tanaman padi di Kabupaten Sampang yang tampak mengering sebagian. (Foto: Hoirur Rosikin/Suaraindonesia.co.id)

SUARAINDONESIA, SAMPANG- Sebagian petani di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terancam gagal panen. Ini karena tanaman padi mereka terserang hama wereng yang mengakibatkan tumbuhan mengering dan mati.

Sebelum terserang hama wereng, pertumbuhan padi milik petani memang tidak normal. Karena di awal masa tanam, petani kekurangan air imbas hujan yang tak segera turun. Akibatnya, daun mengalami kuning dan tanaman kerdil.

Patani padi asal desa Marparan, Rohim (32) mengatakan, tahun ini tanaman padi di wilayahnya daunnya menguning dan kerdil, ditambah serangan wereng yang membuat tanaman padi mati. "Tanaman padi saat ini sulit membesar dan daun padi menguning," katanya, Senin (18/04/2024).

Menurutnya, pertumbuhan padi yang daunnya menguning dan kerdil, akan berdampak terhadap hasil panen. Produktivitas menurun drastis. "Faktornya karena hujan yang telat dan bibit padi yang sebelumnya terlalu lama terkena panas pada awal tanam," jelasnya.

Sementara ini, petani menyemprot tanaman padi yang terkena penyakit tersebut. Harapannya, padi bisa pulih dan petani dapat menuai hasil. "Semoga tahun ini tanaman padi di wilayahnya tidak gagal panen," harapnya.

Rozak (27), petani yang lain menyebutkan, tanamannya juga mengalami serangan wereng hingga membuat tanamannya mengering dan mati. "Ada sebagian petani setelah hujan turun normal mereka tanam ulang," tuturnya.

Ia berharap, tahun ini padi di wilayahnya tidak sampai gagal panen. Apalagi untuk di wilayah yang sebelumnya tergolong desa kekeringan.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sampang Nurdin mengungkapkan, tanaman padi yang terserang wereng karena faktor cuaca. Juga kekurangan air pada masa awal tanam sebelumnya.

Menurutnya, tanaman padi yang terkena hama wereng, pertumbuhannya lambat dan tanaman daunnya menguning hingga mati. Tahun ini, tanaman padi yang terserang wereng bukan hanya di satu kecamatan saja, melainkan hampir merata di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sampang.

"Kami berharap, ketika tanaman padinya terkena hama atau wereng petani segera melapor. Kami akan memberikan obat bagi petani yang padinya terserang hama atau penyakit secara gratis," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV