SUARA INDONESIA

Kapolresta Banyuwangi Edukasi Dini Tentang Lalu Lintas dengan Bagikan Helm Anak

Muhammad Nurul Yaqin - 19 March 2024 | 13:03 - Dibaca 388 kali
News Kapolresta Banyuwangi Edukasi Dini Tentang Lalu Lintas dengan Bagikan Helm Anak
Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono saat memasangkan helm kepada pelajar SD, Selasa (19/3/2024). (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryono bagi-bagi helm kepada siswa SD di Mojopanggung, Kecamatan Giri, Selasa (19/3/2024) pagi.

Kegiatan bertajuk “Polresta Banyuwangi Berbagi” itu dalam rangka mengedukasi anak-anak agar menumbuhkan kedisiplinan berlalu lintas sedari dini. 

Kapolresta Nanang menyebut, keselamatan dan ketertiban berlalu lintas berlaku bukan hanya orang dewasa saja, anak-anak di bawa umur juga penting untuk diketahui.

Benar saja, di lokasi itu banyak melintas para orang tua yang memboncengkan anak-anaknya tanpa memakai helm. Disitulah mereka diberhentikan, diedukasi dan diberikan helm khusus anak.

"Pembagian helm ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan keselamatan anak-anak di jalan raya,” ujar Nanang.

Selain itu tambah dia, kegiatan tersebut sebagai ikhtiar menekan angka kematian akibat kecelakaan yang menimpa anak-anak.

Nanang mengatakan, berdasarkan data yang ada, hampir 90% anak yang diantar sekolah oleh orang tuanya tidak menggunakan helm. Hal ini sangat memprihatinkan dan perlu segera dibenahi.

“Sudah saatnya orang tua kita sadarkan. Karena berdasarkan data pada tahun 2023, ada 13 anak yang meninggal akibat kecelakaan, yang didominasi tidak menggunakan helm,” bebernya.

Nanang berharap dengan adanya pembagian helm ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan helm saat berkendara akan semakin meningkat.

"Kami juga mengimbau kepada para orang tua agar selalu memastikan anak-anaknya menggunakan helm saat diantar ke sekolah," imbuhnya.

Selain membagikan helm, Polresta Banyuwangi juga memberikan edukasi kepada para siswa tentang keselamatan di jalan raya. 

Para siswa diajarkan tentang cara menyeberang jalan yang benar, cara menggunakan helm yang aman, dan rambu-rambu lalu lintas.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV