SUARA INDONESIA

Pesan Perdamaian Bergema di Ngabuburit Peace Santren Jombang, Dimeriahkan Dua Grup Band Ternama

Gono Dwi Santoso - 20 March 2024 | 21:03 - Dibaca 827 kali
News Pesan Perdamaian Bergema di Ngabuburit Peace Santren Jombang, Dimeriahkan Dua Grup Band Ternama
Padi Reborn saat perform di atas panggung di acara Kementerian Agama (Kemenag) Peace Santren di Lapangan Untung Suropati,Tambakberas,Jombang,Jawa Timur, Rabu (20/03/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Semarak Ramadan diwarnai dengan lantunan musik dan pesan perdamaian di acara Ngabuburit Peace Santren yang digelar di lapangan Untung Suropati Desa Tambakrejo, Jombang, Jawa Timur, Rabu (20/3/2024).

Kegiatan ini digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) RI, bekerja sama dengan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan dua band ternama Indonesia, Padi Reborn dan Gigi. Para santri dan masyarakat Jombang antusias menyaksikan konser dan mendengarkan pesan perdamaian yang disampaikan.

Di samping diadakan hiburan live musik Padi Reborn dan Gigi, juga digelar dialog interaktif pesan damai dari pesantren yang disampaikan oleh KH M. Sholahul'am Notobuwono (Gus Aam) dengan band Gigi dan tanya jawab dengan audiens.

Di acara itu, Dirjen Pendis Kemenag RI, Muhammad Ali Ramdhani, menekankan pentingnya persatuan dalam membangun bangsa.

"Pesantren kita minta kembali untuk mengokohkan sebagai salah satu pilar utama guna membangun peradaban bangsa. Tidak hanya sekadar melalui pemberdayaan masyarakat, tapi juga menyebar nilai-nilai perdamaian," kata Ramdhani

Menurutnya, Ngabuburit Peace Santren ini menjadi wadah untuk merajut persatuan pascapemilihan Presiden 2024. "Kita baru saja melewati sebuah fase yang menegangkan bagi bangsa ini. Di mana ada kontestasi, dan ini adalah salah satu bagian untuk melakukan pendinginan suasana," katanya.

Ramdhani mengatakan, Ngabuburit Peace Santren ini merupakan bagian dari roadshow yang diadakan di 5 kota di Pulau Jawa. Yaitu Jakarta, Jombang, Garut, Yogyakarta, dan Rembang.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, khususnya di kalangan santri dan masyarakat," tutupnya.

Gus Aam juga menyampaikan pesan penting tentang persatuan bangsa. "Senjata yang paling ampuh, yang paling tajam, yang paling sempurna hanyalah persatuan, tidak ada yang lebih dari itu," pesannya.

Sebelumnya, Kemenag menggelar Peace Santren di Pondok Pesantren Azziyadah Jakarta, dan sekarang di Pondok Pesantren Bahrul ulum Tambakberas, Jombang. Acara berlangsung meriah dan semarak. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV