SUARA INDONESIA

Siap Bikin Nostalgia, Pemkab Sumenep Akan Optimalkan Wisata di Kepulauan Jelang Libur Lebaran

Wildan Mukhlishah Sy - 22 March 2024 | 16:03 - Dibaca 506 kali
News Siap Bikin Nostalgia, Pemkab Sumenep Akan Optimalkan Wisata di Kepulauan Jelang Libur Lebaran
Pantai Pasir Putih, Kepulauan Kangean, Sumenep. Foto: Taufik for suaraindonesia.co.id.

SUARA INDONESIA, SUMENEP- Menyambut momen libur Idul Fitri 2024, Pemkab Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) setempat meminta, agar seluruh destinasi wisata mampu dikelola secara lebih optimal, termasuk yang berada di wilayah kepulauan. 

Beberapa destinasi wisata di kepulauan, yang bisa menjadi rujukan untuk tujuan libur lebaran antara lain, Pantai Salam Sapeken, Masa Kambing Pulau Masalembu, Pasir Putih, Mamburi Kangean, Pantai Gili Labak, Pantai Sembilan Gili Genting, Gili Iyang dan beberapa lainnya. 

Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan mengakui, saat ingin menikmati momen libur lebaran dengan berwisata di daratan, masyarakat kepulauan sering kali terkendala dalam hal cuaca dan transportasi. 

Untuk itu, sebagai salah satu bentuk komitmennya dalam melayani masyarakat, pihaknya telah berkoordinasi dengan para pengelola wisata di kepulauan, supaya betul-betul bisa menyuguhkan wisata yang optimal. 

Tak hanya optimalisasi pengelolaan, terkait ketersediaan fasilitas, akan tetapi pemerintah menegaskan, para pengelola wisata, khususnya di kepulauan mampu memberikan hal-hal menarik kepada para pengunjung, terlebih bagi mereka yang sudah lama berada di perantauan. 

Dia menjelaskan, selain pemandangan, sejumlah pertunjukan harus disuguhkan kepada para diaspora di kepulauan, sehingga mampu membuat mereka bernostalgia dan mengobati kerinduannya akan kampung halaman. 

"Jadi kami sudah kumpulkan dalam rangka menyambut hari libur, khususnya para diaspora ya. Mari mengenang kembali masa kecilnya dengan menghadirkan suguhan-suguhan di pariwisatanya," jelasnya, Kamis (21/03/2024).

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan destinasi wisata menjadi salah satu potensi Sumenep yang layak dipamerkan untuk menggaet lebih banyak masyarakat luar ke Bumi Sumekar. 

Salah satunya adalah wisata yang sudah sangat masyhur di kalangan wisatawan, yakni Pulau Gili Iyang. Sebuah pulau dengan kadar oksigen terbaik nomor dua di dunia. 

Dirinya menilai, optimalisasi wisata sebetulnya juga bertujuan untuk mendongkrak sektor perekonomian di Kabupaten Sumenep. Maka tak heran, jika pemerintah kemudian menghadirkan beragam event guna meramaikan tempat wisata. 

"Kita promosikan potensi wisata yang Sumenep punya. Ada banyak sekali yang bisa didatangi oleh para wisatawan. Dengan begitu harapannya, akan ada geliat perkembangan ekonomi," tutupnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV