SUARA INDONESIA

Petugas Gabungan Periksa Angkutan Penumpang Jelang Mudik Lebaran di Jombang

Gono Dwi Santoso - 26 March 2024 | 14:03 - Dibaca 426 kali
News Petugas Gabungan Periksa Angkutan Penumpang Jelang Mudik Lebaran di Jombang
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum jelang pelaksanaan arus mudik lebaran 2024 di terminal Kepuhsari Jombang, Selasa(26/03/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Kepolisian, Dinas Kesehatan, dan Bappenda Kabupaten Jombang, melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum jelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 2024.

Kegiatan bertema operasi terpadu pemeriksaan keselamatan kendaraan dan kesehatan pengemudi ini, berpusat di Terminal Kepuhsari, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (26/3/2024).

Kepala Dinas Perhubungan Jombang, Budi Winarno mengatakan, pemeriksaan ini wajib dilakukan setiap tahun menjelang arus mudik dan balik lebaran untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik.

"Dari hasil pemeriksaan, ditemukan beberapa PO dengan kendaraan yang tidak layak jalan," kata Budi Winarno kepada media.

Beberapa contoh ketidaklayakan tersebut termasuk wiper yang tidak lengkap, lampu jauh yang tidak berfungsi, dan lampu pendek yang tidak ada.

"Secara normatif, ada beberapa kendaraan yang tidak layak," ujarnya.

Kendaraan yang tidak layak tentu akan mendapat sanksi. Untuk kendaraan dengan perlengkapan yang tidak lengkap, tim gabungan memberikan teguran kepada PO.

"Sedangkan untuk kendaraan dengan surat kendaraan mati, akan dilakukan penilangan. Termasuk untuk kendaraan yang tidak memiliki uji KIR, akan dikenakan sanksi administrasi berupa penilangan," terangnya.

Meskipun ditemukan beberapa kendaraan yang tidak layak, tim gabungan tidak melarang kendaraan tersebut untuk beroperasi. Hal ini karena kendaraan tersebut sudah terlanjur mengangkut penumpang.

"Kami mengimbau kepada PO untuk segera melengkapi kekurangan fasilitas pada kendaraannya," tandasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, petugas gabungan memeriksa setiap kendaraan penumpang yang masuk ke Terminal Kepuhsari.

Petugas dari Satlantas Polres Jombang dan Dinas Perhubungan meminta pengemudi untuk menunjukkan berkas surat kendaraan.

Petugas juga memeriksa kondisi ban, wiper, klakson, lampu, dan sarana lainnya yang melekat di kendaraan. Selain itu, para sopir juga diminta untuk menunjukkan surat izin mengemudi dan menjalani pemeriksaan kesehatan.

Selama 30 menit pemeriksaan, terdapat 5 bus yang masuk ke Terminal Kepuhsari.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV