SUARA INDONESIA

RSUD Cilacap Optimalkan Pelayanan Selama Libur Lebaran

Satria Galih Saputra - 28 March 2024 | 21:03 - Dibaca 610 kali
News RSUD Cilacap Optimalkan Pelayanan Selama Libur Lebaran
Direktur RSUD Cilacap dr Moch Ichlas Riyanto (kanan) didampingi Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Yuyung Budiwaskito. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Menghadapi liburan panjang pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 2024, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cilacap telah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka mengoptimalkan pelayanan kesehatan untuk warga masyarakat.

"Kebetulan jangka liburnya agak panjang, jadi persiapan kita pertama IGD jelas efisiensi standby 24 jam dan penambahan tenaga medis untuk membantu pelayanan di IGD, selain shift yang sudah ada," ungkap Direktur RSUD Cilacap dr Moch Ichlas Riyanto saat ditemui, Kamis (28/3/2024).

Selain itu, penambahan prasarana seperti tempat tidur dan sejumlah alat kesehatan juga dilakukan untuk menunjang pelayanan agar lebih optimal. 

"Kita menambah 10 tempat tidur cadangan untuk menampung pasien bilamana ada penambahan kasus beserta alat kesehatan yang memang dibutuhkan. Dan untuk tempat tidur yang sudah ada totalnya 23," papar Ichlas.

Lebih lanjut, RSUD Cilacap juga menyiagakan sejumlah dokter jaga untuk pasien rawat inap. "Sudah kita siapkan dokter yang standby di IGD 4-5 dokter. Ada juga dokter konsulan dan kita sudah menyiapkan jadwal selama liburan," kata Ichlas. 

"Kemudian di rawat inap juga kita siapkan semua untuk pelayanan, dan dimaksimalkan sesuai dengan jadwal. Dan bilamana nanti selama masa libur ada masyarakat yang mungkin membutuhkan pemeriksaan namun tidak terlalu darurat, kita layani di IGD," sambungnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Medis RSUD Cilacap dr. Yuyung Budiwaskito menambahkan, rumah sakit siap menampung pasien dari manapun dan memberikan layanan maksimal selama 24 jam penuh.

"Jadi kita sudah rapatkan sebelumnya untuk kesiapan, terutama menghadapi lebaran ini dan kita sudah setting semua," ungkap Yuyung.

"Polanya hampir sama karena di wilayah mudik ya istilahnya jalur mudik itu kan masuk wilayah Cilacap jadi kita siap 24 jam menerima saudara-saudara kita yang pas kebetulan ada gangguan kesehatan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV