SUARA INDONESIA

Mengenal Sosok Athenius Murip, Putra Papua Pegunungan Pertama yang Menjabat Dandim 1702 Jayawijaya

Otinus Erwin Y - 30 March 2024 | 18:03 - Dibaca 423 kali
News Mengenal Sosok Athenius Murip, Putra Papua Pegunungan Pertama yang Menjabat Dandim 1702 Jayawijaya
Letkol CPN Athenius Murip. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JAYAWIJAYA - Letkol CPN Athenius Murib adalah seorang perwira TNI yang berasal dari kecabangan Korps Penerbang. Dia merupakan putra asli Papua Pegunungan pertama yang menjabat Komandan Kodim (Dandim) Jayawijaya.

Hal ini menjadi lebih spesial karena dia kelahiran Kampung Megapura, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Komando kewilayahannya menaungi empat kabupaten di Papua Pegunungan. Yakni Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Tolikara dan Yalimo.

Athenius Murip secara resmi menjabat Dandim 1702/Jayawijaya, Kamis (30/6/2022) kemarin. Ia menggantikan pejabat lama, Letkol Inf Arif Budi Situmeang yang kini menjabat sebagai Dandodiklatpur Rindam XVII Cenderawasih pada awal Juli lalu.

Sebelumnya, pria yang lahir di Kampung Megapura, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada 20 April 1977 itu, menjabat sebagai Kabaglanud Dirbinopslat Pusat Penerbangan Angkatan Darat.

Saat ditemui, Athenius mengaku sangat bangga mendapatkan kepercayaan dari negara untuk memimpin Kodim 1702/Jayawijaya.

Selama menjabat, putra terbaik Jayawijaya itu mampu bekerja maksimal. Ia juga sukses mengatasi berbagai masalah yang terjadi di Jayawijaya dan sekitarnya.

Suami dr Dawati Warom ini, juga sukses menggandeng pihak yang berbeda ideologi dengan rasa kemanusiaan demi terciptanya kedamaian di tanah Papua Pegunungan, khususnya Jayawijaya yang kini menjadi ibu kota provinsi.

Dengan kesuksesannya dalam menjalankan tugas, ia menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Jayawijaya, karena mampu menciptakan rasa aman dan damai di kampung halamannya sendiri maupun daerah sekitar.

Tak hanya memberikan rasa aman, ia juga selalu memberikan dukungan berbagai hal kepada para petani di Jayawijaya. Dengan tujuan mewujudkan kesejahteraan di Jayawijaya yang merupakan kampung halamannya.

Sekadar diketahui, selama bertugas di militer, Athenius Murib pernah ditugaskan dalam Operasi Rahan Aceh pada 2005, Rahan Papua 2008, Pamtas Kaltim 2013 dan Operasi Poso 2017.

Tercatat, dia pun pernah meraih beberapa tanda kehormatan Negara. Di antaranya Satya Lencana Kesetiaan VIII Tahun, Satya Lencana GOM IX /Raksaka Dharma, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun.

Selain itu, ada beberapa jabatan yang pernah dia emban. Yakni, Komandan Flite C Skadron 11/Serbu Puspenerbad pada 2017, Kabaglanud Sdirbinopslat Puspenerbad pada 2022 dan Dandim 1702/Jayawijaya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV