SUARA INDONESIA

Tipidter Polres Pasuruan Sidak SPBU, Cek Stok dan Kualitas BBM Jelang Idul Fitri 2024

Moh.Sukron - 02 April 2024 | 09:04 - Dibaca 399 kali
News Tipidter Polres Pasuruan Sidak SPBU, Cek Stok dan Kualitas BBM Jelang Idul Fitri 2024
Unit IV Tipidter Polres Pasuruan saat melakukan sidak di salah satu SPBU. (Foto: Istimewa)

PASURUAN - Petugas Kepolisian Resor Pasuruan, Polda Jatim, melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Pasuruan.

Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan stok BBM yang cukup dan kondisi kemurnian bahan bakar minyak tidak terkontaminasi dengan bahan lain, sehingga pemudik tidak dirugikan saat mengisi BBM ketika mudik lebaran Idul Fitri 1445 H mendatang.

Inspeksi yang dilakukan secara mendadak tersebut dilakukan oleh Unit IV/Tipidter Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Pasuruan.

Pengecekan tersebut melibatkan pihak Depo Pertamina dan Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pasuruan.

Salah satu SPBU yang dilakukan pengecekan adalah SPBU 54.671.23 yang berada di Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

Adapun sasaran yang dilakukan pengecekan adalah Data tera BBM untuk dicek ulang pada pompa ukur bahan bakar minyak oleh petugas, dengan disaksikan oleh petugas kepolisian dan Petugas Tera.

Selain itu, pengecekan juga dilakukan terhadap tempat tangki tangki tandon Penyimpanan BBM.

Kepala Unit IV Tipidter Satreskrim Polres Pasuruan, Iptu Vani Badra Sadewa menjelaskan, bahwa pengecekan tera BBM tersebut bertujuan untuk memastikan timbangan, takaran, dan meteran yang digunakan harus sudah sesuai dengan dasar transaksi perdagangan.

“Hal ini juga dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan dan untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik,” ujarnya.

Hasil dari kegiatan pengecekan di SPBU tersebut dapat disimpulkan bahwa :
1. Dalam pengecekan yang dilakukan oleh petugas di SPBU 54.671.23 di Ds. Raci Kec. Bangil Kab. Pasuruan, tidak ditemukan praktik kecurangan dan penyalahgunaan dalam pelayanan kepada masyarakat.
2. Sudah sesuainya pendistribusian dan stok BBM di SPBU tsb antara lain:
– Update stok
BS : 13.100 Lt
PL : 15.600  Lt
– Jumlah yang di pesan
BS : 8 kl
PL : 8 kl
3. Dalam pengecekan tidak ditemukan penyimpangan data antara penjualan, DO (_demand order_) dan pasokan BBM;
4. Dilakukan pengecekan kadar suhu dari BBM Pertalite dan telah sesuai dengan ketentuan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Moh.Sukron
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV