SUARA INDONESIA

Jelang Idul Fitri, Polrestabes Bandung Buka Posko Penitipan Kendaraan bagi Pemudik

Sugiyanto - 02 April 2024 | 13:04 - Dibaca 657 kali
News Jelang Idul Fitri, Polrestabes Bandung Buka Posko Penitipan Kendaraan bagi Pemudik
Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono, saat rapat persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024 bersama Forkopimda, Senin (1/4/2024). (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANDUNG – Polrestabes Bandung membuka posko penitipan kendaraan bagi warga yang akan mudik pada Lebaran tahun ini. Kendaraan tersebut bisa dititipkan di polsek di wilayah hukum polres setempat.

"Kami menyiapkan penitipan kendaraan. Jadi, bagi warga yang akan mudik bisa menitipkan kendaraan roda empatnya di kantor polisi terdekat. Tapi tempatnya terbatas, jadi maksimal kuota berapa, nanti kami sebar infonya," ungkap Kombes Pol Budi Sartono, Kapolrestabes Bandung.

Pernyataan itu dia sampaikan ketika menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Lodaya 2024. Rakor itu berlangsung di Mapolrestabes Bandung, Senin (1/4/2024).

Budi mengatakan, pihaknya bersama instansi terkait siap mengamankan arus mudik maupun arus balik Lebaran 2024, terutama di momen libur dan Idul Fitri.

Dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024 nanti, pihaknya akan menerjunkan sebanyak 1.128 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan instansi terkait.

"Yakni dari Polrestabes Bandung 826 personel, Polda Jabar 110 personel, BKO dari TNI ada 180 personel, dan instansi lainnya (Pemkot Bandung) 102 personel," ungkap Budi.

Meski Kota Bandung bukan tergolong jalur utama yang akan dilintasi para pemudik, terutama yang menggunakan kendaraan roda empat. Namun, kata Budi, pihaknya akan tetap mengantisipasi agar lalu lintas di Kota Bandung tetap berjalan lancar dan aman.

"Kami tetap fokuskan di titik rawan kemacetan, kecelakaan, jalur menuju wisata dan pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bandung," ujarnya.

Untuk wilayah rawan macet ini, Budi menambahkan, bakal dipetakan ada beberapa titik krusial, terutama di jalur menuju wisata. "Jalur wisata menuju Lembang, jalur Dr. Djunjunan atau Pasteur, Pasirkaliki, Soekarno Hatta, Asia Afrika, Bundaran Cibiru, dan Ir. H Djuanda," tuturnya.

Sementara di Kota Bandung, ada Karang Setra, Kebun Binatang, Trans Studio Bandung, Taman Lalu Lintas, Kiara Artha Park dan seluruh mall yang ada di Kota Bandung. “Termasuk Masjid Raya Al Jabbar yang juga menjadi perhatian kami," imbuhnya.

Selain itu, kata Budi, pihaknya juga akan mendirikan sebanyak 32 posko terdiri posko utama, posko terpadu, pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan).

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono berharap, Forkopimda bisa saling bahu-membahu menjaga situasi kamtibmas di Kota Bandung, agar tetap aman dan kondusif, terutama di momen Idul Fitri 1445 Hijriyah ini. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Sugiyanto
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV