SUARA INDONESIA

Peduli Petani: Potensi dan Komitmen Jember dalam Pertanian Tembakau Berkelanjutan

Redaksi - 03 April 2024 | 09:04 - Dibaca 281 kali
News Peduli Petani: Potensi dan Komitmen Jember dalam Pertanian Tembakau Berkelanjutan
Potensi dan Komitmen Jember dalam Pertanian Tembakau Berkelanjutan. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, JEMBER - Sebuah daerah yang menyimpan potensi luar biasa dalam dunia pertanian tembakau, Jember selalu menjadi salah satu produsen daun tembakau terbesar di Indonesia. 

Kabupaten Jember menciptakan jejak besar dalam industri tembakau nasional. Meskipun begitu, tantangan yang dihadapi masih banyak, dan kini muncul sebuah inisiatif yang bertujuan untuk mewujudkan perindustrian tembakau yang berkelanjutan.

Jember Besuki Sustainability Task Force (JBST) bekerjasama dengan Imaji Sociopreneur mempersembahkan Program Peduli Petani. JBST menginisiasi sebuah program dengan memberikan pelatihan dan edukasi kepada para petani Tembakau di Kabupaten Jember.


Hal itu dilakukan untuk menerapkan prinsip-prinsip berusaha berkelanjutan dalam pertanian tembakau yaitu dengan tidak adanya praktek pekerja anak, penggunaan alat pelindung diri dan penerapan agen proteksi tanaman atau pestisida dengan baik dan benar.

Sejak tahun 2023, Program Peduli Petani telah berhasil melaksanakan pelatihan dan edukasi kepada 900 petani di Kabupaten Jember. 500 diantaranya bahkan telah menerima fasilitas berupa Alat Pelindung Diri yang lengkap, seperti jas anti air, masker, goggles, sarung tangan, dan sepatu boot. 

Selain itu, para petani juga diberikan CPA Box, wadah khusus untuk menyimpan pestisida secara aman. Ini adalah langkah konkret untuk mengurangi risiko kontaminasi kepada anak-anak dan orang awam yang mungkin terpapar oleh bahan kimia pertanian.

Program Peduli Petani juga memasukkan penggunaan aplikasi mobile yang memberikan informasi penting mulai dari cuaca hingga perawatan tembakau. Sebuah langkah menuju pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan.


Dengan adanya Program Peduli Petani, harapan ke depan adalah menciptakan pemahaman yang lebih mendalam tentang keselamatan dan kesehatan kerja, serta pentingnya menerapkan prinsip pertanian berkelanjutan. 

Ia berharap Kabupaten Jember tetap menjadi tonggak utama dalam pertanian tembakau yang berwawasan masa depan. 

"Mari kita bersama-sama mewujudkan Jember sebagai contoh nyata dalam industri pertanian tembakau berkelanjutan, dengan tembakau yang bukan hanya memberikan hasil panen melimpah, tetapi juga keselamatan dan keberlanjutan bagi generasi masa depan," ajaknya.

"Bersama kita membangun masa depan yang lebih baik, Peduli Petani untuk industri pertanian tembakau yang berkelanjutan," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV