SUARA INDONESIA

Relawan Dirikan Posko di Jalan Alternatif Banjarnegara, Bantu Pemudik yang Melintasi Jalur Ekstrem

Iwan Setiawan - 13 April 2024 | 18:04 - Dibaca 745 kali
News Relawan Dirikan Posko di Jalan Alternatif Banjarnegara, Bantu Pemudik yang Melintasi Jalur Ekstrem
Posko relawan FPRB yang didirikan secara mandiri di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja, Kabupaten Banjarnegara. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANJARNEGARA- Sejumlah relawan yang tergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) mendirikan posko di jalur alternatif yang kerap menjadi pilihan pemudik dari Kebumen-Banjarnegara atau sebaliknya.

Posko FPRB ini terletak di Desa Glempang, Kecamatan Mandiraja. Tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik yang melintasi jalur perbukitan dari arah Sempor, Kebumen ke arah Banjarnegara.

"Seperti diketahui jika jalan ini merupakan jalur alternatif, namun medannya sangat ekstrem. Selain jalannya yang penuh tikungan, juga terdapat beberapa tanjakan berbahaya," ungkap Suparno, Ketua FPRB, Sabtu (13/4/2024).

Dikatakan Suparno, selain membantu memberikan pelayanan cek kesehatan kepada para pemudik, posko FPRB juga membantu mendorong kendaraan yang tidak kuat menanjak di tanjakan Ketileng, Desa Glempang.

"Pelayananan kepada pemudik ini sifatnya sukarela atas dasar kemanusiaan selama 24 jam. Kami pun mendirikan posko secara mandiri atau patungan," ujarnya.

Posko FPRB memberikan pelayanan kepada pemudik selama 12 hari mulai 6 hingga 17 April 2024. Unsur yang terlibat antara lain dari TNI/Polri, RAPI, BPBD, Satpol PP, Kokam, Linmas, Panwas Kecamatan, perangkat desa dan organisasi kemasyarakatan.

"Kami juga mengimbau kepada para pemudik yang melintas di jalur Sempor ke arah Banjarnegara atau sebaliknya, agar selalu berhati-hati. Jika badan terasa kurang fit, lebih baik istirahat di posko FPRB," imbaunya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Iwan Setiawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV