SUARA INDONESIA

Bawaslu Jombang Evaluasi Kinerja Panwascam, Tak Lolos Bakal Diganti Orang Baru 

Gono Dwi Santoso - 27 April 2024 | 19:04 - Dibaca 1.12k kali
News Bawaslu Jombang Evaluasi Kinerja Panwascam, Tak Lolos Bakal Diganti Orang Baru 
Suasana evaluasi kinerja Panwalsu Kecamatan 2024 oleh Bawalsu Jombang sebelum dimulai mengerjakan tugas di kantor Bawaslu setempat, Sabtu (27/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Menyongsong tahapan Pilkada 2024, Bawaslu Kabupaten Jombang mulai melakukan rekrutmen Panwascam dengan menggunakan dua metode. Yaitu sistem existing atau evaluasi kinerja bagi Panwascam dan pendaftaran terbuka bagi pelamar baru, Sabtu (27/04/2024).

Pantauan di halaman kantor Bawaslu Jombang, puluhan anggota Panwalsu Kecamatan tampak mengantre untuk melakukan evaluasi kinerja oleh Bawaslu Jombang, sebelum mereka masuk ke ruangan. Nantinya, bagi mereka yang tidak lolos, akan diganti dengan orang baru melalui rekrutmen terbuka.

Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto mengatakan, hari ini pihaknya mengadakan evaluasi kinerja Panwalsu Kecamatan 2024. Dan sesuai keputusan Bawaslu RI, ada dua mekanisme rekrutmen.

"Yang pertama yaitu evaluasi kinerja yang melaksanakan Pemilu tahun 2024. Kekurangannya nanti Bawaslu Jombang akan melakukan seleksi terbuka," terangnya, Sabtu (27/4/2024).

Dafid menjelaskan, peserta existing ini dapat mengikuti penilaian evaluasi kinerja yang dilakukan Bawaslu Jombang dengan standar evaluasi yang telah ditetapkan. Tentunya sesuai petunjuk teknis yang disampaikan Bawaslu RI.

"Peserta existing ini akan dinilai terkait instrumen kinerja dan instrumen atasan langsung. Masing-masing 15 poin untuk menentukan nilai peserta layak atau tidak menjadi Panwaslu Kecamatan Pilkada 2024," paparnya.

Menurutnya, pada hari ini ada 53 peserta yang akan mengikuti evaluasi kinerja. Masing-masing sebanyak 42 laki-laki dan 11 perempuan.

"Dan untuk pendaftaran dan pemberkasan bagi Panwalsu Kecamatan existing dibuka sampai dengan hari ini tanggal 27 sampai pukul 23.59 WIB," ungkapnya.

Dafid menambahkan, dengan evaluasi kinerja Panwalsu Kecamatan ini, diharapkan untuk pengawasan pilkada berjalan dengan baik. Dan menghasilkan Panwalsu Kecamatan yang mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengawasan Pilkada 2024.

"Hasil rekrutmen Panwascam existing ini, akan diumumkan pada 1-2 Mei 2024 setelah dikonsultasikan dan mendapat arahan dari Bawaslu Provinsi Jatim," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV