SUARA INDONESIA

Ribuan Perempuan Berkebaya Ramaikan Kirab Peringati Hari Kartini di Cilacap

Satria Galih Saputra - 27 April 2024 | 18:04 - Dibaca 683 kali
News Ribuan Perempuan Berkebaya Ramaikan Kirab Peringati Hari Kartini di Cilacap
Peserta kirab jalan jaki mengenakan kebaya peringati Hari Kartini. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Gelaran kirab bertajuk "Opera Berkebaya" yang digelar Pemkab Cilacap melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sukses digelar.

Acara dalam rangka memeringati Hari Kartini ke-145 yang digelar Sabtu (27/4/2024) pagi, diramaikan ribuan perempuan dari berbagai lapisan masyarakat.

Sekitar 3.000 orang tampak memadati kawasan Jalan Ahmad Yani. Para peserta mulai dari pelajar, organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kelompok masyarakat ini antusias mengikuti kirab dengan berjalan kaki sepanjang 700 meter dimulai dari depan Stasiun KAI Cilacap menuju Lapangan Wijayakusuma.

Mereka juga terlihat kompak mengenakan busana kebaya tradisional yang mengundang perhatian. Acara semakin semarak dengan suguhan penampilan kreasi dari para pelajar mulai dari seni musik, maupun seni tari.

Adapun pertunjukan seni yang memukau dari wayang jazz SBI dan lainnya. Tak hanya itu, warga masyarakat yang datang juga dimanjakan dengan suguhan aneka kuliner dari pelaku UMKM.

"Kami ingin mengorbankan semangat RA. Kartini kepada masyarakat luas, khususnya kaum perempuan melalui kegiatan ini. Harapannya semakin banyak masyarakat yang merasakan semangat Kartini," kata Ketua Tim PKK Kabupaten Cilacap, Fitri Awaludin Muuri.

Di samping itu, juga sebagai sarana promosi terkait keunikan serta potensi-potensi yang ada di Cilacap maupun kuliner khas kepada masyarakat.

"Sehingga melalui cipta ruang ini nantinya akan menjadi embrio, bibit baik untuk Kabupaten Cilacap dan kita rawat bersama menjadi tempat berkreatifitas bagi insan-insan kreatif, khususnya anak muda maupun ekonomi kreatif," ujar Fitri.

"Diharapkan nantinya para generasi muda dapat menginspirasi dan membanggakan Kabupaten Cilacap," sambung istri Pj Bupati Cilacap ini.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Cilacap, Arida Puji Hastuti menambahkan, melalui gelaran tersebut, dapat menumbuhkan semangat bersama mengangkat Kabupaten Cilacap menjadi kabupaten kreatif.

"Harapannya nanti dapat berimbas pada kemajuan Kabupaten Cilacap, terutama budaya, seni, ekonomi kreatif dan juga UMKM nya, sehingga Cilacap menjadi lebih maju," katanya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV