SUARA INDONESIA

Jelang Penutupan Pendaftaran, Pelamar PPK Pilkada Jombang Membludak Capai 504 Orang

Gono Dwi Santoso - 29 April 2024 | 18:04 - Dibaca 659 kali
News Jelang Penutupan Pendaftaran, Pelamar PPK Pilkada Jombang Membludak Capai 504 Orang
Petugas sekretariat pendaftaran PPK Pilkada Jombang 2024 saat menerima pendaftar di kantor KPU Jombang, Senin (29/04/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Jelang penutupan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) untuk Pilkada Jombang tahun 2024, antusiasme pendaftar di kantor KPU Jombang membludak mencapai 504 orang, Senin (29/04/2024).

Pantauan di sekretariat kantor KPU Jombang, puluhan pendaftar PPK tampak antre untuk penelitian berkas oleh sekretariat KPU Jombang. Juga pencocokan data yang diunggah dengan berkas yang dibawa pendaftar untuk diserahkan kepada petugas sekretariat.

Lin Prasetyowati, salah seorang pendaftar, mengaku sudah berpengalaman tiga kali menjadi penyelenggara pemilu. Dan untuk tahun ini mendaftar PPK.

"Tidak sulit sama seperti tahun lalu, pendaftarannya masuk di akun SIAKBA. Selanjutnya, calon pendaftar diminta untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu, sebelum memulai proses pendaftaran sebagai anggota badan ad hoc untuk Pilkada 2024," ucapnya.

Setelah berhasil terdaftar, kemudian dapat mengikuti proses pendaftaran selama periode seleksi berlangsung. "Lalu datang ke kantor sekretariat pendaftaran KPU Jombang untuk membawa berkas yang di-upload di akun SIAKBA," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jombang Abdul Wadud Burhan Abadi mengatakan, sampai pukul 13.00 WIB, ada sekitar 504 pendaftar dan hari ini dibuka sampai pukul 23.59 WIB.

"KPU Jombang punya jadwal perpanjangan selama tiga hari jika tidak memenuhi. Tapi melihat animo masyarakat pendaftaran sekitar 504, saya rasa sudah mencukupi," terangnya.

Burhan mengatakan, setelah dilakukan pendaftaran selanjutnya pemeriksaan berkas administrasi. Kalau dinyatakan lolos administrasi, selanjutnya peserta akan mengikuti ujian tertulis berbasis komputer.

"Insyaallah pelaksanaan akan dilakukan pada 6-8 Mei. Dan kami sudah berkoordinasi dengan cabang dinas pendidikan tingkat SMA Kabupaten Jombang. Dan pihak sekolah untuk memfasilitasi KPU Jombang melakukan tes tertulis CAT," pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV