SUARA INDONESIA

Usai Nobar, Relawan Mansur Muda Bersihkan Sampah di Kawasan Alun-Alun Pemalang

Ragil Surono - 30 April 2024 | 01:04 - Dibaca 980 kali
News Usai Nobar, Relawan Mansur Muda Bersihkan Sampah di Kawasan Alun-Alun Pemalang
Puluhan anggota Mansur Muda usai mengumpulkan sampah yang dikemas dalam puluhan kantong plastik jumbo. (Foto: Ragil/Suara Indonesia)

SUARAINDONESIAPEMALANG - Ribuan warga kota Pemalang dari berbagai tempat, menghadiri acara nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola antara Indonesia vs Uzbekistan di alun-alun setempat, Senin (29/4/2024) malam.

Tiga layar lebar disediakan oleh Pemkab Pemalang untuk kepuasan pendukung Laskar Patih Sampun yang terkenal fanatik ini. 

Meski demikian, imbas dari kehadiran para penonton bola menyebabkan berseraknya sampah yang mengelilingi lapangan, tempat diselenggarakannya nobar tersebut.

Sampah rata-rata adalah bekas bungkus makanan dan minuman yang dibawa sebagai teman menikmati pertandingan piala Asia U-23 ini.

Melihat berserakannya sampah tersebut, Gerakan Pemuda Pencinta Lingkungan Hidup yang menamakan dirinya sebagai Gerakan Mansur Muda, berinisiatif untuk mengumpulkan sampah sisa makanan dan minuman dari para penonton.

Faras Alam Majid (25) Koordinator Gerakan Mansur Muda, mengatakan, jika aksi itu berawal dari rasa keprihatinan melihat banyaknya sampah yang berserakan di seputar alun-alun.

Bersama sekitar 50 relawan, Mansur Muda membersihkan sampah yang dikumpulkan menggunakan kantor plastik besar. "Malam ini usai nobar, kami berhasil mengumpulkan sampah sekitar satu ton," kata Farras.

Sampah yang dikumpulkan oleh relawan, nantinya akan diambil oleh kendaraan sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Pemalang untuk dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menurut Farras, gerakan pencinta lingkungan hidup Mansur Muda ini, tidak hanya berkegiatan pada masalah penanganan sampah saja. Tapi juga terkait pelestarian dan penyelamatan lingkungan hidup.

Gerakan anak-anak  muda yang didoktrin untuk hidup bersih dan menjaga ekosistem serta keseimbangan alam ini, berharap warga bisa semakin sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan dapat selalu terjaga.

Sebagai informasi, Mansur Muda merupakan gerakan pemuda yang berkeinginan kuat untuk memajukan daerah. Juga gerakan representasi dari Bupati Pemalang Mansur Hidayat dalam berjuang untuk kemajuan Kabupaten Pemalang ke depan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Ragil Surono
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV