SUARA INDONESIA

Warga Randublatung Blora Sedekah Bumi, Puluhan Gunungan Sayuran Diarak Keliling Desa

Gunawan - 11 May 2024 | 15:05 - Dibaca 784 kali
News Warga Randublatung Blora Sedekah Bumi, Puluhan Gunungan Sayuran Diarak Keliling Desa
Gunungan sayuran memeriahkan sedekah bumi di Randublatung, Blora, Sabtu (10/5/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA - Bentuk ungkapan rasa syukur atas panen hasil bumi yang berlimpah, warga di Desa Temulus, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah dan sekitarnya, mengadakan pawai gunungan sayuran yang diarak berkeliling kampung.

Setidaknya terdapat 23 gunungan sayuran sedekah bumi atau yang biasa disebut dengan gasdeso, diarak mulai pukul 13.00 - 16.00 WIB. Ratusan warga pun nampak antusias dan terlihat kompak ikut memeriahkan suasana syukuran hasil panen yang berlimpah.

"Sangat meriah acara sedekah bumi hari ini. Puluhan gunungan berbagai sayuran hasil dari tanaman warga, diarak keliling," kata Yuni, warga setempat di lokasi, Sabtu (11/5/2024).

Ia mengatakan, guna memupuk tali persaudaraan, guyub rukun dalam memeriahkan pawai arakan gasdeso ini, dirinya mengaku ikut andil dan berpartisipasi menyumbang sayuran hasil panennya di sawah.

"Tumplek blek. Ada sayur terong, cabai, timun, kacang panjang dan lainnya hasil panen untuk mengayubyo bagyo, kerukunan dan memeriahkan pawai ini," papar dia.

Para warga, kata Yuni, juga turut berbagi hasil sawah dan menyumbangkan hasil panennya yang dikembalikan untuk masyarakat umum.

"Sayur mayur langsung diambil dari sawah dan terlihat sangat segar. Sementara bapak-bapak membuat kerangka gunungan beberapa hari lalu," ungkap dia.

Kepala Desa Temulus, Hartono saat ditemui awak media disela sela acara, sangat mengapresiasi. Dia mengatakan, setidaknya ada 23 gunungan sayuran diarak warga keliling kampung diacara gasdeso kali ini yang terbagi dalam dua bagian.

Sebanyak 18 gunungan sayuran, Hartono menambahkan, diarak keliling di desa setempat. Sementara arakan gunungan sayuran yang lainnya berada di Dusun Kedungsambi, Desa Temulus, siang tadi.

"Total ada 23 gunungan sayuran diarak warga sedekah bumi di Desa Temulus," kata Kades, Jumat (10/5).

Perihal tempat pelaksanaan pawai, Hartono menyampaikan, start dari depan rumah, untuk finish-nya juga di lokasi yang sama.

"Terima kasih atas partisipasi dan kekompakan masyarakat. Acara siang ini berlangsung sangat meriah, warga juga antusias," tuturnya.

Ia berharap, tali persaudaraan, jalin silaturahmi dan kekompakan kian terjaga satu sama lain. Hari ini, ke depan dan seterusnya.

"Jaga silaturahmi, kompak selalu dan semoga hasil panen sedekah bumi membawa berkah dan melimpah selalu, ke depannya," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV