SUARA INDONESIA

Petani Hutan Blora Tanam Ribuan Pohon, Sumbang Oksigen untuk Dunia

Gunawan - 11 May 2024 | 18:05 - Dibaca 4.20k kali
News Petani Hutan Blora Tanam Ribuan Pohon, Sumbang Oksigen untuk Dunia
KTH Mulyo Raharjo Silayang di Desa Kutukan, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, saat menggelar aksi menanam pohon di KHDPK PS, Sabtu (10/5/2024). (Foto: Gunawan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BLORA – Demi mengembalikan fungsi hutan, Kelompok Tani Hutan (KTH) Mulyo Raharjo Silayang di Desa Kutukan, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar aksi menanam pohon.

Para petani hutan atau pesanggem itu menanam ribuan pohon berbagai jenis di Kawasan Hutan Dengan Pengelolaan Khusus Perhutanan Sosial (KHDPK PS) di kabupaten setempat, Sabtu (10/5/2024).

"Aksi ini dalam rangka sumbangsih oksigen kepada dunia dan mengembalikan fungsi hutan," kata Ketua KTH Mulyo Raharjo Silayang, Surationo, kepada awak media.

Koordinator Semut Ireng, Mulgianto menilai, perlunya mengembalikan fungsi hutan yang masuk dalam program KHDPK PS. Menurutnya, pohon yang ditanam dapat dirasakan oleh petani hasil buahnya.

"Pada intinya kami Rejo Semut Ireng akan selalu mengawal program KHDPK PS yaitu untuk mengembalikan fungsi hutan pergerakan penanaman pohon keras, terutama yang langsung bisa dimanfaatkan petani hasilnya. Hutan lestari rakyat sejahtera," jelasnya.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada seluruh KTH se-Blora untuk melakukan hal yang sama. Yaitu menanam pohon keras, terutama buah secara swadaya. "Dan ini kegiatan lanjutan penanaman 100 ribu buah di kawasan perhutanan sosial," jelasnya.

Aksi penanaman 1.000 pohon tersebut juga dihadiri oleh Gakum lHK, Perum Perhutani RPH Randublatung, Koramil, Polsek dan perwakilan Kecamatan Randublatung serta lembaga pendamping KTH dari Perkumpulan Rejo Semut Ireng. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gunawan
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV