SUARA INDONESIA

Raih WTP 12 Kali Beruntun, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Beri Apresiasi

Muhammad Nurul Yaqin - 13 May 2024 | 14:05 - Dibaca 3.34k kali
News Raih WTP 12 Kali Beruntun, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi Beri Apresiasi
Dari kiri Wakil Bupati Sugirah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wakil Ketua DPRD Ruliyono dan Wakil Ketua Michael Edy Hariyanto. (Foto: Istimewa).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono, memberikan apresiasi atas pencapaian Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak 12 kali berturut-turut. 

Pencapaian tersebut dianggap sebagai bukti nyata komitmen dan kinerja yang baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Ruli sapaan akrabnya menyatakan bahwa prestasi tersebut merupakan hasil kerja keras dan komitmen seluruh elemen pemerintahan dan masyarakat Banyuwangi. 

“Raihan opini WTP sebanyak 12 kali berturut-turut merupakan cermin dari kinerja yang baik dalam mengelola keuangan daerah. Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi kita semua," ujarnya saat Paripurna penyampaian nota penjelasan bupati atas Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023, Senin (13/5/2024).

Ruli juga menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah. Menurutnya, opini WTP tidak hanya sekadar prestasi, tetapi juga merupakan tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan keuangan yang baik dan bertanggung jawab. 

“Kita harus terus menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah guna memberikan dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," kata politisi sekaligus Ketua DPD Golkar Banyuwangi ini.

Selain itu, Ruli juga menegaskan pentingnya tindak lanjut terhadap rekomendasi yang diberikan oleh BPK dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP). Menurutnya, rekomendasi tersebut merupakan masukan penting untuk perbaikan dan peningkatan sistem pengelolaan keuangan daerah. 

“Kita harus serius dalam menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan oleh BPK guna memastikan pengelolaan keuangan daerah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan," tambahnya.

Selain memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Ruli juga mengajak seluruh pihak terkait, termasuk anggota DPRD dan masyarakat, untuk terus mendukung dan memantau kinerja pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah. 

“Kita semua memiliki peran penting dalam menjaga transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam pengelolaan keuangan daerah. Mari kita bersama-sama menjaga prestasi yang telah diraih dan terus berupaya untuk meningkatkannya di masa yang akan datang," ungkap Ruli.

Prestasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam meraih opini WTP sebanyak 12 kali berturut-turut, lanjut Ruli, menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah. 

Dengan komitmen dan kerja keras bersama, diharapkan setiap daerah dapat mencapai standar yang sama dalam pengelolaan keuangan yang baik dan bertanggung jawab untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“Banyak kabupaten lain yang belajar ke Banyuwangi dengan harapan bisa memperoleh prestasi serupa. Karena WTP ini tidak sekedar prestasi, tapi mendatangkan program dari pusat untuk kesejahteraan masyarakat Banyuwangi,” tandas Ruli. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV