SUARA INDONESIA

Pj Gubernur Lepas Pengiriman Perdana Beras "Jatim Cettar", Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Gono Dwi Santoso - 14 May 2024 | 21:05 - Dibaca 488 kali
News Pj Gubernur Lepas Pengiriman Perdana Beras
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono didampingi PJ Bupati Jombang Sugiat dan pengurus korporasi petani saat akan lepas pengiriman perdana beras Cettar, Selasa (14/05/2024).( Foto : Gono Dwi Santoso/ Suara Indonesia).

SUARA INDONESIA, JOMBANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono, melepas pengiriman perdana beras "Jatim Cettar" yang diproduksi oleh korporasi petani di Jombang, Selasa (14/5/2024).

Pelepasan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan petani, ketahanan pangan, dan pengendalian inflasi daerah.

Beras "Jatim Cettar" merupakan produk premium pertama dari provinsi ini yang dihasilkan oleh korporasi petani dengan menggunakan mekanisme resi gudang.

Pj Gubernur Jatim,Adhy Karyono menjelaskan bahwa model ini memungkinkan petani untuk mendapatkan harga yang lebih stabil dan terhindar dari praktik tengkulak.

"Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan memperkuat ketahanan pangan di Jawa Timur," ujar Adhy Karyono.

Ady Karyono mengatakan,beras "Jatim Cettar" dibeli oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Timur dan akan didistribusikan ke seluruh wilayah provinsi Jawa Timur dan berharap beras ini dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Timur dan membantu menjaga stabilitas harga pangan.

" Program ini akan direplikasi ke kabupaten/kota lain di Jawa Timur dan tidak hanya terbatas pada beras, tetapi juga akan mencakup komoditas lain seperti kakao, kopi, dan gula," tandasnya.

Pj Bupati Jombang, Sugiat, menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Jatim dan semua pihak yang telah mendukung pilot project pengembangan korporasi petani di Kabupaten Jombang.

"Apa yang kita lakukan hari ini sejalan dengan tema besar rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang tahun 2025, yaitu hilirisasi agribisnis," ujar Sugiat. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV