SUARA INDONESIA

Warga di Kwala Langkat Sempat Tahan Mobil UNHCR, Tuntut Pengungsi Rohingya Segera Dipindah

Redaksi - 24 May 2024 | 06:05 - Dibaca 620 kali
News Warga di Kwala Langkat Sempat Tahan Mobil UNHCR, Tuntut Pengungsi Rohingya Segera Dipindah
Sejumlah emak-emak di Kwala Langkat yang memprotes kedatangan etnis Rohingya di kampung mereka. (Foto: M. Irwan/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, LANGKAT - Mobil United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) yang sempat ditahan oleh warga di Desa Kwala Langkat, akhirnya dilepas. Hal tersebut terjadi setelah pihak kepolisian datang ke lokasi.

Pantauan wartawan, di lokasi penampungan etnis Rohingya, mobil UNHCR dapat meninggalkan lokasi pada pukul 17.30 WIB, Kamis 23 Mei 2024 kemarin. Sempat terjadi keributan kecil antara pihak kepolisian dan warga.

Awalnya, mobil milik UNHCR bersiap pergi meninggalkan lokasi. Setelah selesai mengecek kondisi dan mendata orang Rohingya tersebut.

Warga yang tergabung dalam aksi emak-emak Desa Kwala Langkat yang sempat hadang mobil pun berteriak agar orang-orang Rohingya dipulangkan.

“Kami resah, pulangkan Rohingnya. Kami gak mau mereka di sini,” teriak emak-emak dengan kompak.

Penahanan mobil UNHCR ini dilakukan karena warga menuntut UNHCR memindahkan orang-orang Rohingnya sesuai janji Camat dengan warga saat berkumpul dengan pihak terkait sebelumnya.

“Kemarin camat udah janji selesaikan ini semua. Dan besok (kemarin, Red) dipindahkan. Tapi disayangkan sampai sekarang camat tidak juga kunjung datang,” tuntut salah seorang perempuan Kwala Langkat meminta janji camat ditepati.

Sebelumnya, kedatangan orang-orang Rohingya di Desa Kwala Langkat, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menghadapi gelombang penolakan dari warga setempat.

Penolakan ini bukan tanpa sebab. Masyarakat mengatakan, mereka sudah jenuh dengan lonjakan jumlah etnis Rohingya yang terus berdatangan ke kampung mereka. 

Terbaru, sebanyak 51 orang etnis Rohingya telah mendarat di Desa Kwala Langkat, Rabu 22 Mei 2024. Mereka sempat menduduki lokasi yang berdekatan dengan rumah warga. Tak lama kemudian, orang Rohingya dipindahkan ke bibir pantai desa setempat. (*)

Pewarta: M. Irwan

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV