SUARA INDONESIA

Plt Bupati Sidoarjo Sambangi Warga yang Kondisi Rumah Tak Layak Huni, juga Aktifkan BPJS Kesehatannya

Amrizal Zulkarnain - 01 June 2024 | 19:06 - Dibaca 727 kali
News Plt Bupati Sidoarjo Sambangi Warga yang Kondisi Rumah Tak Layak Huni, juga Aktifkan BPJS Kesehatannya
Plt Bupati Sidoarjo Subandi bersama jajaran, Anggota DPRD Sidoarjo, Baznas, serta perangkat desa setempat menyalurkan bantuan kepada Munodo dan keluarganya. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, SIDOARJO – Upaya dalam meningkatkan kesejahteraan warga miskin yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, kunjungi RTLH Dusun Duran RT 2 RW 1 Desa Karangpuri, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (1/6/2024).

Munodo (51), salah satu pemilik Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) warga Desa Karangpuri yang kondisi tempat tinggalnya sangat memprihatinkan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Plt Bupati Sidoarjo, Plt Camat Wonoayu, Anggota DPRD Sidoarjo, Kepala Dinas Sosial, Baznas, serta perangkat desa setempat.

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, saat dirumah Munodo, menyayangkan dengan kondisi rumah huniannya yang sangat memprihatinkan.

"Atap rumah banyak yang jebol, kayu-kayu sudah aus semua. Sewaktu-waktu bisa ambrol ini rumah," ujar Subandi dengan menunjuk atap rumah.

Oleh karena itu dalam kunjungannya tersebut, Plt Bupati akan mengupayakan perbaikan rumah tersebut, pembuatan jamban, serta BPJS Kesehatan yang sebelumnya tidak aktif akan diaktifkannya.

Terkait BPJS Kesehatan bagi warga miskin yang tidak aktif, Plt Bupati Subandi, menekankan kepada warga setempat untuk segera melaporkan kepada Pemerintah Desa (Pemdes). "Agar nanti warga yang sakit bisa berobat gratis," tandasnya.

Selanjutnya, dijelaskan Plt Bupati, rehabilitasi RTLH sudah disiapkan di anggaran Dinas PU Cipta Karya dan Baznas.

"Bahkan DPRD juga telah menganggarkan pokirnya di tahun 2023 lalu untuk bedah rumah," cetusnya.

Sehingga, ia berharap bagi masyarakat sidoarjo yang rumahnya sudah tidak layak, pemerintah harus hadir untuk memberikan bantuan.

"RTLH di Sidoarjo ini diupayakan melalui solusi bersama dengan stakeholder terkait. Setiap tahun kita tingkatkan target penyelesaian RTLH guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Sementara, Munodo, ketika ditemui mengaku senang dan bersyukur atas kunjungan langsung Kepala Daerah untuk memberikan bantuan.

Di rumah tersebut, Munodo tinggal bersama anak dan istrinya beserta ibunya.

"Ini anugrah bagi keluarga saya, apalagi rumah saya akan segera diperbaiki. Sehingga kalau terjadi hujan atau angin, kami tidak kuatir lagi," pungkasnya.(*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Amrizal Zulkarnain
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV