SUARA INDONESIA

Bawaslu Jombang Lantik 306 PKD, Langsung Terjun Awasi Pemutakhitan Data Pemilih

Gono Dwi Santoso - 03 June 2024 | 14:06 - Dibaca 730 kali
News Bawaslu Jombang Lantik 306 PKD, Langsung Terjun Awasi Pemutakhitan Data Pemilih
Ketua Bawaslu Jombang Dafid Budiyanto saat memberikan arahan kepada PKD terpilih seusai pelantikan di Kecamatan Peterongan, Minggu (02/06/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Bawaslu Jombang melantik 306 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) yang akan mengawasi semua tahapan Pilkada 2024, Senin (03/06/2024). Mereka diharapkan mempunyai integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugasnya.

Pelantikan PKD tersebut dilaksanakan selama dua hari di masing-masing kecamatan di Kabupaten Jombang. Proses pengambilan sumpah dilakukan oleh ketua panwaslu kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Jombang Dafid Budiyanto mengatakan, PKD harus segera bekerja melakukan pengawasan karena dalam waktu dekat akan dibentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada 5 Juni.

PKD, kata dia, harus memahami apa yang perlu diawasi. Misalnya yang bisa menjadi PPDP adalah warga setempat dan berdomisili sesuai administrasi kependudukan, berusia minimal 17 tahun dan tidak menjadi tim kampanye atau tim pemenangan peserta pemilu.

"Kami berharap PKD yang terpilih benar-benar mempersiapkan diri sebagai pengawas pemilu yang profesional, berintegritas dan memiliki wawasan kepemiluan,” jelasnya.

Dafid menambahkan, setelah terbentuknya PKD, pengawasan di pilkada dapat berjalan maksimal, mengingat tahapan pemutakhiran data pemilih akan berjalan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV