SUARA INDONESIA

Arak-arakan Gunungan Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Brebeg Cilacap

Satria Galih Saputra - 05 June 2024 | 20:06 - Dibaca 511 kali
News Arak-arakan Gunungan Meriahkan Tradisi Sedekah Bumi di Desa Brebeg Cilacap
Warga masyarakat Desa Brebeg antusias menyaksikan arak-arakan gunungan hasil bumi yang diarak oleh petani ke Balai Desa saat acara Sedekah Bumi. (Foto: istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - Arak-arakan gunungan dari berbagai hasil bumi berupa buah-buahan dan aneka sayuran yang disusun menyerupai sebuah gunung meriahkan acara sedekah bumi yang digelar masyarakat Desa Brebeg, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Rabu (5/6/2024) siang.

Tampak petani desa setempat dari masing-masing dusun mengarak gunungan tersebut dengan berjalan kaki menuju Balai Desa dengan diiringi hiburan kesenian lokal kuda lumping dan begalan.

Warga sekitar pun tak ingin ketinggalan untuk menyaksikan kegiatan tradisi budaya yang digelar setiap tahunnya tersebut dengan datang berbondong-bondong dan terlihat memadati ruas jalan.

"Arak-arakan gunungan ini merupakan rangkaian kegiatan gelar budaya sedekah bumi Desa Brebeg yang dilaksanakan setiap tahun, tepatnya di bulan apit," ujar Kepala Desa Brebeg Achmad Zaenudin kepada Suara Indonesia.

"Setelah arak-arakan gunungan, dilanjutkan selamatan diikuti paguyuban adat yang ada di desa kami, kemudian ruwatan dan malam harinya kegiatan pengajian dan pagelaran wayang kulit semalam suntuk bersama dalang Mongko Daryono," lanjutnya.

Adapun kegiatan sedekah bumi tersebut digelar dalam rangka wujud syukur masyarakat desa setempat kepada Sang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmat selama ini, salah satunya berupa rezeki melalui hasil bumi yang didapat.

"Implementasi dari syukur ini, masyarakat nyengkuyung dengan bersedekah mengadakan kegiatan sedekah bumi sebagai rasa syukur karena selama ini mereka diberikan rezeki. Makannya diadakanlah tasyakuran bumi ini," kata Zaenudin.

Disamping itu, sebagai bagian dari nguri-nguri atau melestarikan budaya jawa. Dan sedekah bumi kali ini menurut Zaenudin lebih semarak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain dimeriahkan oleh hiburan kesenian lokal, Pj Bupati Cilacap juga sedianya akan hadir menyaksikan pagelaran wayang bersama warga.

"Untuk swadaya masyarakat sendiri juga lebih semangat tahun ini, dan tingkat kesadaran masyarakat kami lihat jauh lebih baik," ungkap Kades Brebeg ini.

Melalui kegiatan sedekah bumi tersebut diharapkan Desa Brebeg ke depan semakin maju dan masyarakatnya lebih sejahtera serta rukun.

"Intinya kita selalu berdoa memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan keberkahan, dan Desa Brebeg menjadi gemah ripah loh jinawi, baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," tutup Zaenudin. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV