SUARA INDONESIA

Dukung World Ocean Day, Polisi dan Warga di Situbondo Bersih-Bersih Pantai

Syamsuri - 08 June 2024 | 14:06 - Dibaca 534 kali
News Dukung World Ocean Day, Polisi dan Warga di Situbondo Bersih-Bersih Pantai
Satpolairud Polres Situbondo bersama warga saat bersih-bersih pantai di sekitar Pelabuhan Kalbut. (Foto: Humas Polres Situbondo)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Momentum peringatan Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) yang jatuh pada hari ini, 8 Juni 2024, Polres Situbondo bersama masyarakat melakukan bersih-bersih pantai.

Hal ini dilakukan dengan tujuan mengingatkan akan peran laut dalam kehidupan kita sehari-hari, karena laut adalah salah satu sumber utama makanan dan obat-obatan, serta merupakan bagian penting dari biosfer.

Satpolairud Polres Situbondo bersama masyarakat, KSOP Kelas IV Panarukan dan Pemerintah Desa Semiring, melaksanakan bersih-bersih pantai di sekitar Pelabuhan Kalbut. Kegiatan ini guna meminimalisir pencemaran sampah laut yang berasal dari aktivitas bongkar muat di pelabuhan setempat.

"Tentu harapan dari kegiatan bersih pantai ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mencegah pencemaran laut yang berasal dari sampah," ujar Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa.

Menurutnya, di Situbondo masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan ke sungai yang bermuara ke laut, sehingga berdampak terhadap pencemaran laut akibat dari sampah rumah tangga yang dibuang tersebut.

"Sampah laut ini sangat mempengaruhi lingkungan biota laut, air laut menjadi keruh dan banyak sampah nyangkut pada karang atau terumbu karang yang menyebabkan kerusakan pada terumbu karang. Apabila terumbu karang rusak, maka dapat menyebabkan produksi ikan berkurang dan akhirnya berdampak terhadap pendapatan nelayan," bebernya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap dengan adanya kegiatan bersih bersih pantai ini, masyarakat akan sadar dan juga bisa melindungi laut dari pencemaran akibat sampah," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV