SUARA INDONESIA

Penambahan Jabatan Dua Tahun, Kades Kesugihan Kidul Cilacap Akan Maksimalkan Program Kerja

Satria Galih Saputra - 11 June 2024 | 17:06 - Dibaca 410 kali
News Penambahan Jabatan Dua Tahun, Kades Kesugihan Kidul Cilacap Akan Maksimalkan Program Kerja
Kepala Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Cilacap Mokh. Fadlil. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, CILACAP - DPR RI telah mengesahkan Revisi Undang-Undang (UU) tentang Desa menjadi UU. Atas hal itu, masa jabatan Kepala Desa (Kades) kini bertambah menjadi delapan tahun setelah sebelumnya hanya enam tahun.

Perpanjangan masa jabatan itu mendapat respons positif dari sejumlah pihak. Tak ketinggalan Kepala Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap Mokh. Fadlil turut buka suara setelah sebelumnya menerima surat keputusan (SK) dari Pj Bupati.

Dia menyambut baik dan mengapresiasi perpanjangan masa jabatan Kades yang telah diterimanya. "Penambahan jabatan Kades dua tahun menurut saya sudah tepat kalau ingin desanya lebih maju. Tentunya saya selaku Kades menyambut baik," ujar Fadlil.

Fadlil mengaku selama enam tahun ia menjabat Kades, masih ada program-program yang belum terselesaikan dan perlu untuk dilanjutkan. Salah satunya infrastruktur.

"Kalau bicara jalan itu kan ada jalan desa dan jalan kabupaten. Kalau jalan-jalan desa sebagian sudah kita bangun. Dan tahun 2024 ini rencananya kita juga dapat tiga titik. Kebetulan infrastruktur salah satu program prioritas saya," ungkapnya.

Sementara untuk jalan kabupaten, kata Fadlil kewenangannya ada di kabupaten. "Untuk jalan yang rusak sudah sering kita usulkan melalui Musren di Kecamatan. Tidak hanya jalan saja, tapi ada juga jalan usaha tani (JUT), drainase dan lainnya. Intinya untuk kemaslahatan masyarakat desa Kesugihan Kidul," jelasnya

Lebih lanjut, Fadlil menyampaikan, selama ini pemerintahan desa selalu mendukung program-program yang dicanangkan oleh pemerintah seperti penanganan stunting, pengentasan kemiskinan dan lainnya.

"Untuk program stunting sudah berjalan baik seperti pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita dan ibu-ibu sudah, kegiatan posyandu kita lakukan. Ada juga bantuan dari pemerintah sudah kita salurkan ke masyarakat seperti BLT DD, beras, rutin. Kita sifatnya hanya menyalurkan, untuk penerima sudah ada datanya," paparnya.

Mantan Kadus ini melanjutkan, selama dua tahun kedepan, akan dimanfaatkannya untuk melanjutkan dan memaksimalkan program-program maupun kegiatan yang telah berjalan.

"Tentunya akan kita maksimalkan seperti infrastruktur maupun pembangunan yang lain. Di sektor lain juga seperti pertanian, pemberdayaan masyarakat dan lainnya. Yang belum karena terkait dengan penggunaan anggaran jadi bertahap," kata Fadlil.

"Oleh karena itu, saya juga membutuhkan peran serta dan dukungan dari masyarakat supaya roda pemerintahan berjalan dengan baik. Intinya selama dua tahun ke depan, saya akan bekerja lebih baik lagi agar Desa Kesugihan Kidul ini menjadi lebih maju, aman dan masyarakatnya lebih sejahtera," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV