SUARA INDONESIA

Liburan Tiba, Siswa di Jombang Isi Waktu Luang dengan Bermain Jaranan Dor

Gono Dwi Santoso - 01 July 2024 | 17:07 - Dibaca 1.68k kali
News Liburan Tiba, Siswa di Jombang Isi Waktu Luang dengan Bermain Jaranan Dor
Anak-anak di Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, sedang bermain jaranan dor untuk mengisi waktu liburan, Senin (01/07/2024). (Foto: Gono Dwi Santoso/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, JOMBANG- Banyak cara untuk mengisi waktu luang di masa liburan sekolah. Anak-anak di Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, memanfaatkan waktu libur itu dengan bermain kesenian tradisional, jaranan dor, Senin (01/07/2024).

"Kegiatan ini sudah dilakukan oleh siswa sekolah di Desa Bareng jika masa liburan tiba. Mereka berkumpul dan bermain gamelan dan jaranan untuk mengisi waktu luang,” terang Farid, penabuh gamelan.

Farid mengatakan, awal mula belajar gamelan ini sejak empat tahun silam. Ia belajar dengan melihat secara langsung waktu ada pentas seni jaranan. Farid juga belajar kepada orang tuanya untuk menabuh gamelan itu.

"Awalnya tidak bisa, tapi lama-lama terbiasa. Memang butuh waktu dan proses untuk bisa bermain gamelan dan jaranan. Agar saat libur sekolah tidak main gadget saja, tapi juga melestarikan budaya lewat jaranan ini bersama teman-teman," pungkasnya.

Sementara itu, Mijek, pegiat seni yang mendampingi bocah-bocah itu di lokasi latihan jaranan, menuturkan, kegiatan pembinaan dilakukan bersama-sama dengan masyarakat dan para orang tua.

"Tujuannya untuk mengisi liburan yang produktif dan mengurangi bermain gadget pada anak. Mereka diarahkan untuk bermain offline seperti ini. Juga untuk melestarikan kesenian tradisional jaranan dor," paparnya.

Mijek menambahkan, antusiasme anak-anak cukup besar bermain jaranan dor ini. "Usia anak masih gampang diarahkan. Namun tetap ada kendala. Yakni di kekompakan. Karena melibatkan banyak anak. Dengan kegiatan ini, diharapkan kesenian tradisional jaranan dor tetap lestari," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV