SUARA INDONESIA

Sebanyak 62 Perusahaan Siap Menampung Lamaran 1.786 Pencari Kerja di Situbondo

Syamsuri - 31 July 2024 | 17:07 - Dibaca 1.14k kali
News Sebanyak 62 Perusahaan Siap Menampung Lamaran 1.786 Pencari Kerja di Situbondo
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat membuka acara job fair di GOR Rengganis Situbondo. (Foto: Syamsuri/Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO - Sebanyak 62 perusahaan yang mengikuti job fair ekspo ketenagakerjaan yang digelar Pemkab Situbondo, siap menampung lamaran para pencari kerja untuk masyarakat di kabupaten setempat, Rabu (31/07/2024).

Kegiatan Job fair ekspo yang diprakarsai Dinas Ketenagakerjaan Pemkab Situbondo ini, melibatkan sebanyak 62 perusahaan lokal, regional dan nasional. Semuanya siap memfasilitasi masyarakat yang mencari pekerjaan. Dan jumlah yang sudah melamar sebanyak 1.786 orang.

Acara job fair ini dinilai penting karena dapat menarik animo pelajar yang sudah lulus sekolah dan masih menganggur dan sedang mencari pekerjaan. Ratusan pencari kerja mulai dari pagi telah memadati GOR, mereka mengajukan lamaran ke perusahaan yang membuka lowongan tersebut.

Salah satu pencari kerja, Lindya mengatakan, job fair ini memudahkan para pencari kerja di Situbondo untuk bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.

Ia mengaku mendukung kegiatan ini, karena dapat melamar lebih dari satu perusahaan. "Jadi tadi saya sudah melamar di dua perusahaan. Mudah-mudahan dari dua perusahaan yang dilamar ada satu perusahaan yang bisa menerima surat permohonan saya," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kholil mengungkapkan, selain menggelar job fair dan ketenagakerjaan, pihaknya juga meluncurkan aplikasi Ayo Bekerja. Hal ini dilakukan guna menyikapi pencari kerja di lapangan.

"Para pencari kerja ini sulit mencari informasi lowongan kerja dan memasukkan surat lamaran ke perusahaan-perusahaan yang membuka lapangan kerja, serta lambatnya respons lamaran yang dimasukkan para pencari kerja dari perusahaan yang ada,” ungkapnya.

"Untuk menyikapi persoalan itulah, kami merancang inovasi Ayo Bekerja. Inovasi ini merupakan aplikasi layanan online bersama dinas ketenagakerjaan yang dapat dimanfaatkan bagi para pencari kerja. Jadi, setiap hari para pencari kerja yang sudah login dan menjadi membernya, dinas ketenagakerjaan akan mendapatkan kiriman informasi lowongan kerja melalui pesan berantai di WA," jelasnya.

Selanjutnya, setelah bisa login melalui WA, para pencari kerja langsung bisa mengklik dan memasukkan biodata dengan mengirim langsung kepada perusahaan yang dituju, sehingga surat lamaran tersebut langsung diterima oleh perusahaan.

"Ada sebanyak 62 perusahaan yang telah masuk di aplikasi Ayo Bekerja. Dan pencari kerja nanti bisa langsung melamar lebih dari satu perusahaan yang diminatinya. Mereka tidak perlu membuat lamaran kembali, selanjutnya perusahaan merespons dan memanggilnya untuk diwawancara," ujarnya.

Dari 62 perusahaan yang menjalin kerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Situbondo itu, tidak hanya perusahaan lokal, tetapi juga perusahaan di Jawa Timur dan nasional. "Jadi lowongan pekerjaan yang sudah tersedia itu ada sebanyak 1.786 yang offline maupun online," pungkasnya. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV