SUARA INDONESIA

#Cari_Aman Berkendara Bagi Pemula, Perhatikan 3 hal ini

Redaksi - 23 November 2023 | 17:11 - Dibaca 818 kali
Otomotif #Cari_Aman Berkendara Bagi Pemula, Perhatikan 3 hal ini
Salah seorang siswa saat latihan berkendara sepeda motor. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, MALANG - Berkendara motor merupakan kegiatan yang membutuhkan keterampilan dan ketenangan. Namun, bukan berarti para pemula yang hendak belajar menggunakan sepeda motor, menyepelekan proses tersebut.

Untuk itu, bagi pemula sebaiknya mencari tahu apa saja hal yang harus dilakukan sebelum memulai berkendara sepeda motor agar #Cari_Aman saat berkendara di jalan.

Kuasai hal-hal dasar seperti tata cara berkendara yang benar. Diawali dari cara berdiri yang benar dengan motor, cara menarik tuas gas, persiapan kopling, hingga penyesuaian rem dalam beberapa keadaan tertentu.

Pastikan motor yang akan kita kendarai sudah kita kenali secara menyeluruh, baik bagaimana cara mengoperasikannya, mengenal fitur-fitur yang ada di motor tersebut dan tentunya harus memahami teknik dasar berkendara. Yang mana hal ini akan membantu kita pada saat berkendara.

Apabila semua hal-hal tersebut sudah dikuasai, maka dapat dikatakan pemula sudah cukup siap 40 persen untuk dapat berkendara sepeda motor. Hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah rambu-rambu lalu lintas yang wajib dipatuhi oleh seluruh pengguna jalan dengan tujuan untuk menyelamatkan diri sendiri maupun para pengguna jalan lainnya.

Gunakan perlengkapan berkendara secara lengkap seperti Helm, Jaket, Sarung Tangan, Celana Panjang dan Sepatu, yang dapat melindungi dan mengurangi dampak negatif akibat terjadinya kecelakaan, sehingga tubuh kita terlindungi dan aman.

Berlatih secara rutin dan teratur maka akan menambah keahlian serta kepercayaan diri kita saat berkendara. Untuk itu, MPM Honda Jatim memberikan edukasi kepada siswa SMA Sederajat di Kota Malang terus dilakukan sebab dalam melakukan aktivitasnya tidak sedikit yang berkendara menggunakan sepeda motor saat berangkat sekolah maupun aktivias seperti PKL.

"Bagi pengendara pemula yang paling penting adalah sudah memiliki surat izin mengemudi (SIM)," kata Mizidianto, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim.

"Selain itu, selalu jaga konsentrasi saat berkendara agar #Cari_Aman saat dijalan seperti slogan berkendara dari Honda," pungkasnya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV