SUARA INDONESIA

Mudik Lebaran Nyaman dan #Cari_Aman, Hal ini Wajib Diperhatikan

Redaksi - 05 April 2024 | 10:04 - Dibaca 569 kali
Otomotif Mudik Lebaran Nyaman dan #Cari_Aman, Hal ini Wajib Diperhatikan
Mudik Lebaran Nyaman dan #Cari_Aman. (Foto: MPM Honda Jatim/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, SURABAYA - Sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dimana saat lebaran kembali ke kampung halaman, yang dikenal dengan istilah mudik. Banyak pilihan moda kendaraan yang digunakan antara lain adalah sepeda motor.

Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan sepeda motor agar perjalanan menjadi nyaman dan #Cari_aman antara lain:

1. Bikin route plan.

Jadwal berangkat dan penentuan rute perjalanan sangatlah perlu, agar berkendara lebih aman dan nyaman. Pembuatan route plan terdiri dari : Jalan yang akan di lalui, lokasi pom bensin terdekat dan. tempat istirahat.

Untuk menemani konsumen setia pecinta sepeda motor Honda selama libur lebaran MPM Honda Jatim menghadirkan posko mudik Bale Santai Honda (BSH) disepanjang rute perjalanan mudik lebaran.

2. Periksa kondisi motor.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, cek kendaraan seperti tekanan angin ban, kampas rem. Sebaiknya cek kendaraan di AHASS terdekat sebelum melakukan perjalanan. Ada 22 titik AHASS Siaga yakni di sepanjang jalur mudi di Jawa Timur.

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara.

Untuk mengurangi resiko cedera pada saat berkendara, selalu gunakan perlengkapan berkendara yang terdiri dari Helm full face/open face, Jaket lengan panjang, Sarung tangan, Celana panjang dan Sepatu. Selain itu ada juga perlengkapan tambahan seperti jas hujan kaca mata, masker, pelindung dada, pelindung siku & lutut, serta kaos kaki. Perlengkapan berkendara juga berlaku buat boncengers. Dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan ditetapkan pemerintah.

4. Barang bawaan.

Pastikan barang bawaan tidak melebihi 200kg (termasuk berat badan kita) agar mengendarai nya lebih mudah dan aman serta jangan lupa untuk mengikat nya dengan aman. 

5. Durasi berkendara.

Lebih baik kita berkendara maksimum 2 jam. Setelah 2 jam berkendara sebaiknya beristirahat di tempat istirahat yang tersedia di sepanjang rute perjalanan. Pemudik Masyarakat dapat beristirahat di Bale Santai Honda (BSH) di Jalur Caruban tepatnya di Desa Sidorejo, Saradan Madiun, SPBU Ngebruk, Kec. Sumber Pucung , Malang dan Rest Area Utama Raya , kec. Banyuglugur SitubondoBSH terbuka untuk pemudik yang ingin beristirahat dengan layanan 24 jam.

6.Jaga kondisi tubuh agar tetap bugar.

Tidur cukup merupakan salah satu cara agar kondisi badan prima sebelum perjalanan dengan sepeda motor. Selain istirahat yang cukup jangan lupa untuk makan menu bergizi saat sahur dan konsumsi vitamin jika perlu. Mengkonsumsi makanan yang sehat juga membuat tubuh lebih bugar dan kuat jika harus melalukan perjalanan panjang.

“Selain persiapan, teknik berkendara juga harus dimiliki oleh pengendara motor agar tetap #cari_Aman saat berkendara di jalan seperti slogan keselamatan berkendara dari Honda. Dan yang tak kalah penting patuhi rambu-rambu lalu lintas," kata Suhari, Marketing Communication and Development Division Head MPM Honda Jatim. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV