SUARA INDONESIA

Check Persiapan Pos Pegamanan Lajur Mudik di Purworejo, Kapolda Jawa tengah Turun Lapangan

Agus Sulistya - 26 April 2022 | 19:04
Pemerintahan Check Persiapan Pos Pegamanan Lajur Mudik di Purworejo, Kapolda Jawa tengah Turun Lapangan

PURWOREJO - Kapolda Jawa tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengujian Lajur Mudik di Lajur Selatan Jawa tengah, persisnya di Jalan Deendels Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jateng, Selasa (26/04/2022).

Hal itu buat pastikan persiapan lajur selatan provinsi Jawa tengah yang hendak dipakai sebagai Lajur alternative arus mudik dan balik lebaran tahun 2022.
.
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, lajur selatan siap dipakai sebagai lajur alternative saat arus mudik lebaran.

"Barusan kami telah memeriksa persiapan pos servis, pos penyelamatan dan pos terintegrasi dari Banyumas, Cilacap, Kebumen dan Purworejo. Semua pasukan telah tergelar siap. Konsepnya, ini sebagai wujud representasi hadirmya negara untuk memberi kenyamanan masyarakat saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini," kata Kapolda Jawa tengah.

Berkenaan tindak kejahatan, Kapolda menyebutkan jika, mendekati Ramadan tahun ini turun.

"KRYD Polri benar-benar menolong menyusutnya penyakit warga (pekat) atau kriminalitas," tutur Luthfi.

Kapolda memprediksi, bakal ada lebih kurang 21 juta pemudik yang ke arah atau lewat di daerah Jawa tengah. Karena itu bakal ada peralihan arus di pertigaan Sangkal Putung, Kabupaten Kebumen. Sopir akan ditujukan lewat lajur selatan (pantai selatan/pansela) yang melalui Jalan Daendels.

"Oleh karena itu, kami, lewat beberapa media ingin sampaikan pada sopir lebih bagus mudik melalui lajur Pansela. Jalannya telah bagus cuma penerang jalan umum (PJU) yang kurang. Kami minta supaya sopir lebih waspada saat lewat Pansela khususnya pada malam hari," minta Kapolda.

Sementara itu, Kapolres Purworejo, AKBP Fahrurozi menjelaskan, tempo hari (Senin) pemudik yang datang di Purworejo telah ada 1.800 orang.

"Ada 1.800 orang yang telah tiba hari lalu, itu juga yang terdata memakai model kereta api. Kami prediksikan kelak H-3 Idulfitri ialah pucuk arus mudik," terang Kapolres.

Di Kabupaten Purworejo ada dua pos servis, empat pos pengamanan dan satu pos terintegrasi di Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen yang bersebelahan langsung dengan Propinsi DIY. ujar Kapolres.

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya