SUARA INDONESIA

Ajang POR Prov di Situbondo, Jadi Momentum Kebangkitan Pelaku UMKM

Syamsuri - 22 June 2022 | 00:06
Pemerintahan Ajang POR Prov di Situbondo, Jadi Momentum Kebangkitan Pelaku UMKM

SITUBONDO - Ditunjuknya Kabupaten Situbondo menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur tahun 2022, ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kebangkitan pelaku usaha mikro, kecil dan 

menengah (UMKM) di Kabupaten Situbondo. 

Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khoirani mengatakan ada tiga capaian yang dibidik pemerintah daerah setempat dengan menggelar 
Gebyar UMKM pada gelaran porprov kali ini.

"Sesuai tagline Porprov VII Jatim 2022, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses ekonomi. Untuk mencapai tujuan tersebut Pemerintah Daerah harus melibatkan para pelaku UMKM," ungkap Nyai Khoirani, usai membuka Gebyar UMKM di Alun-Alun Situbondo, Jawa Timur, Selasa (21/6/2022). 

Ia menjelaskan bahwa Gebyar UMKM ini tidak lain dalam rangka memeriahkan dan mendukung gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur yang diselenggarakan di Situbondo, dan tiga kabupaten lainnya.

Wabup Khoirani berharap, pelaku UMKM benar benar bisa menangkap dan memanfaatkan momentum porprov semaksimal mungkin.Sebab, setelah mengikuti Gebyar UMKM selama dua hari di Akun Alun ini, para pelaku UMKM juga akan disebar ke sembilan arena perlombaan untuk memasarkan produknya.

"Pemerintah akan memfasilitasi dan menata para pelaku UMKM dengan memberi tempat untuk berjualan di arena perlombaan yang ada di Situbondo," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Situbondo, Nugroho mengemukakan Gebyar UMKM digelar sebagai upaya membangkitkan ekonomi masyarakat yang selama hampir tiga tahun terdampak
pandemi COVID-19.

"Ekonomi masyarakat mengalami penurunan sejak pandemi. Selain itu, kami ingin mengenalkan produk Situbondo," ujarnya.

Sedikitnya ada 63 pelaku UMKM yang dilibatkan dalam Gebyar UMKM pada momentum Porprov VII Jatim, di antaranya UMKM makanan 
dan minuman, kuliner, hingga kerajinan.

"Gebyar UMKM dimulai hari ini sampai dengan besok. Setelah itu dilanjut berjualan ke masing-masing arena perlombaan, mulai dari tanggal 25 Juni sampai 3 Juli 2022," paparnya.

Sebagai salah satu tuan rumah porprov, Situbondo dipercaya menyediakan sembilan arena perlombaan (venue), yaitu di Jasalindo/Pasir Putih Water Sport Desa/ Kecamatan Bungatan, Wisata Bahari Pasir Putih, Beach Forest Desa Klatakan (Kecamatan Kendit). 

Selain itu, juga ditempatkan di Auditorium SMPN 1 Situbondo, Alun-Alun Kota Situbondo, Gedung PGRI, Gedung Situbondo Sport Center, GOR Baluran, dan Stadion Muhammad Saleh. 

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya