SUARA INDONESIA

Dua Tahun Tertunda Akibat Pandemi, Ratusan Calhaj Purworejo Diberangkatkan

Widiarto - 23 June 2022 | 19:06
Pemerintahan Dua Tahun Tertunda Akibat Pandemi, Ratusan Calhaj Purworejo Diberangkatkan


PURWOREJO- Ratusan calon jamaah haji asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, dilepas oleh Bupati dan Wakil Bubati Purworejo di Pendopo Kabupaten Purworejo, pada Kamis 23 Juni 2022. 

Hadir dalam pelepasan haji itu, jajaran Forkopimda, Sekda Purworejo, para Asisten Sekda, Kepala Kantor Kemenag serta Perangkat Daerah terkait.

Calon haji itu bisa berangkat ke tanah suci setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi covid-19.

Bupati Purworejo, Agus Bastian dalam sambutanya mengajak para calon haji Purworejo untuk bersyukur, karena setelah 2 tahun ditunda, tahun ini jamaah calon haji Indonesia termasuk dari Kabupaten Purworejo dapat kembali diberangkatkan ke tanah suci.

 "Jumlah kuota haji internasional yang diberikan ke Indonesia ini merupakan yang paling besar dibanding negara-negara lainnya. Dan untuk Kabupaten Purworejo, ada sebanyak 313 calon haji yang akan berangkat," katanya.

Diketahui Pemerintah pusat akan memberangkatkan 100.051 jamaah dari Indonesia secara bertahap melalui berbagai embarkasi yang ada. Bupati menyampaikan ibadah haji merupakan ibadah yang membutuhkan banyak pengorbanan baik dari segi biaya, waktu maupun resiko. Untuk itu warga Purworejo yang akan berangkat haji himbau untuk mempersiapkan sega kebutuhannya jauh-jauh hari.

"Saya juga meminta agar Bapak Ibu senantiasa menjaga kekompakan, persatuan dan kesatuan di antara para jamaah. Jagalah nama baik bangsa Indonesia dan khususnya nama Kabupaten Purworejo. Karena pandemi belum berakhir, saya juga berpesan agar selalu menjaga protokol kesehatan," harapnya.

Kepala Kantor Kemenag Purworejo, Drs Fatturrohman mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada jamaah calon haji, selain itu juga untuk menyampaikan informasi terkait rencana pemberangkatan serta mempererat silaturahmi dan komunikasi antar jemaah calon haji Kabupaten Purworejo.

”biar saling kenal, mereka akan diberangkatkan sekitar satu Minggu lagi," katanya.

Usia jamaah calon haji termuda adalah 20 tahun atas nama Reza Rahmanda Putra sedangkan jamaah haji tertua berumur 65 tahun. Calon haji pria 142 orang sedangkan wanita sejumlah 168 orang. 

"Kloter 37 terdiri dari 90 jamaah tergabung dengan jamaah asal Semarang dan kota Salatiga dan akan berangkat dari Purworejo tanggal 28 Juni pukul 03.30 WIB. Kloter 38 terdiri dari 223 jamaah tergabung dengan jamaah Kabupaten Wonosobo dijadwalkan berangkat dari Purworejo tanggal 29 Juni pukul 03.30 WIB," jelasnya.

Pewarta : Widiarto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya