SUARA INDONESIA

Serunya Mancing Bareng Bupati Situbondo Di Laut Wisata Pantai Pasir Putih

Syamsuri - 31 July 2022 | 15:07
Pemerintahan Serunya Mancing Bareng Bupati Situbondo Di Laut Wisata Pantai Pasir Putih

SITUBONDO – Pemkab Situbondo melalui Dinas Peternakan dan Perikanan menggelar Mancing Bareng Bung Karna (Mabar 2), di Wisata Pantai Pasir Putih Bungatan, Situbondo, Jawa Timur.

Kegiatan Mabar Bung Karna ke 2 ini semakin seru karena dikuti sebanyak 180 peserta, yang dibagi menjadi 45 tim. 140 orang peserta berasal dari luar Kabupaten Situbondo, dan 40 orang pesertanya dari lokal. Minggu (31/7/2022).

Tampak Bupati Situbondo, H. Karna Suswandi,  Kapolres, AKBP Andi Sinjaya, Dandim 0823,  Kajari, Nauli Rahim Siregar tersebut, menikmati sambil menunggu joran yang dilempar ke tengah laut. Tak lama, umpan disambar ikan dan disambut sorak sorai peserta yang mendampingi di tengah laut.

Bupati Situbondo, H.Karna Suswandi mengatakan, kegiatan mancing bareng Bunga Karna ini sudah menjadi agenda rutin  di kabupaten Situbondo dengan jadwal yang tepat, yakni setiap pada akhir bulan Juli dalam setiap tahunnya, kata Bupati yang akrab disapa Bung Karna.

Menurutnya, kegiatan mabar Bung Karna ini menjadi catatan bagi para pemancing mania yang ada di Indonesia maupun yang ada di manca negara.

"Nantinya kita ajak semua untuk mancing bareng bersama Bunga Karna di  tahun yang akan datang," ujarnya.

Oleh karena itu, dalam kegiatan ini, akan kita terus kembangkan dan terus kita evaluasi sehingga kedepannya pelaksanaan kegiatan Mabar Bung Karna akan lebih baik dan semakin banyak diminati oleh pemancing mania yang ada di Indonesia maupun manca negara.

Kemudian kita juga terus berupaya memelihara pantai kita, ini lebih baik dan  menarik bagi wisatawan dari luar daerah dan manca negara.

Dan Alhamdulilah penggiat lingkungan "yang ada di Pantai Pasir Putih semuanya semangat dan telah melaksanakan kebersihan sampah sampah yang ada di pinggir dan di tengah laut," jelasnya.

Bupati Situbondo, meminta kegiatan bersih bersih sampah di laut, ini agar terus dilakukan sehingga pantai pasir putih semakin lama semakin indah, sehat dan bersih.

"Ketika sudah bersih, indah dan sehat, maka Pantai pasir putih akan menjadi tempat wisata yang aman dan nyaman bagi masyarakat Indonesia dalam bersantai dan berlibur serta mandi di pantai pasir putih ini," jelasnya

Bupati Situbondo, juga berharap mancing mania ini kedepan tidak hanya menjadi agenda rutin.

"Tetapi, juga menjadi agenda yang mampu mengangkat nama baik Kabupaten Situbondo," terang H. Karna Suswandi.

Sehingga pada Mabar Bung Karna ke 3 tahun 2023 nanti, panitia harus bisa mempersiapkan lebih maksimal sebab pada Mabar ke 2 ini sudah banyak peserta dari luar daerah yang datang dan mengikuti.

"Bahkan, juga ada dari manca negara yang juga mau ikut," tutur Bung Karna.

Sementara Kadis Peternakan dan Perikanan Situbondo, Kholil mengatakan hari ini kita menyelenggarakan mancing bareng Bung Karna yang ke 2 di Pantai Pasir Putih, pesertanya  berasal dari pemancing profesional tingkat nasional maupun regional.

"Tentu dalam kegiatan ini kita ingin para pemancing profesional, ini bisa mempromosikan Kabupaten Situbondo di tingkat nasional," Kata Kholil.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan mancing bareng (Mabar) Bung Karna ini, seluruh hotel di Pantai Pasir Putih kamarnya full semua atau berisi penuh karena para peserta, kita wajibkan untuk menginap di hotel di sekitaran Pasir Putih.

"Sedangkan untuk jumlah peserta Mabar ini diikuti sebanyak 180 orang, yang dibagi sebanyak 45 tim.140 orang berasal dari luar Kabupaten Situbondo, dan 40 orang itu pesertanya dari lokal atau Situbondo, katanya.

Untuk mabar Bung Karna yang ke 2 ini kita tidak bisa memfasilitasi peserta dari lokal semuanya dan kami mohon maaf, dan Insya Allah kami akan memfasilitasi di Mabar ke 3,agar supaya mereka bisa mengapresikan hobinya untuk mancing di Pantai Pasir Putih.

"Sebab target kita kali ini  ingin mempromosikan Kabupaten Situbondo di Tingkat Nasional," terang Kholil.

Adapun tujuan dari kegiatan Mabar Bung Karna ini adalah ingin memperkenalkan Kabupaten Situbondo di tingkat nasional bahwa kita ini punya potensi perikanan yang sangat besar.

"Diharapkan para investor nanti bisa menanamkan investasinya di Kabupaten Situbondo untuk mengembangkan perikanan budidaya," terangnya.

Sebenarnya kata dia, dalam acara Mabar Bung Karna ini akan juga diikuti dari manca negara sebanyak 20 orang, ketika dari Australia, Swiss, Japan, Thailan, sama agen kita dikoordinir lewat Singapora.

"Nah, ketika di Singapora berangkatnya kumpul bersama dalam satu bus, ternyata setelah satu persatu di rafid tes, ada satu yang positif sehingga harus dikarantina selama 4 hari, dari situ melebihi batas jadwal yang sudah ditentukan hari ini sehingga mereka tertahan di Singapora," paparnya

Tetapi, nanti kedepannya sesuai Perintah Bupati, pada Mabar ke 3 kita akan persiapkan dengan baik dan maksimal khususnya peserta yang dari luar negeri.

"Karena yang jelas kami sudah dapat info bahwa wisatawan manca negara sangat gemar untuk mancing di laut ini," tutur Kholil.

Di sela sela mancing bareng ke 2 di Pantai Pasir Putih ini kita untuk melestarikan sumberdaya ikan di perairan Situbondo kita restocking tebar ikan kerapu di laut sebanyak 5.000 kemudian hari Sabtu kemarin pagi, kita juga melakukan bersih bersih laut underwater dari sampah plastik.

"Kita ingin laut kita bisa terjaga dengan baik, terumbu karangnya dapat tumbuh sehingga seperti ikan kerapu, ikan kakap itu bisa berkembang dengan baik," paparnya.

"Sehingga Pantai Wisata Pasir Putih ini menjadi sangat ideal dan jadi sasaran utama bagi wisata mancing mania di Indonesia dan manca negara," tambahnya.

Selain itu kita juga menggelar lomba ayam sap-sap dalam rangka untuk menghibur wisatawan.

" Wisatawan yang sedang rekreasi di pantai pasir putih sehingga kegiatan ini bisa lebih bervariatif," pungkasnya.

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya