SUARA INDONESIA

Maksimalkan Peran Pokdarwis, Disparbud Jember Siap Bangkitkan Sektor Parekraf

Wildan Mukhlishah Sy - 11 September 2022 | 12:09
Pemerintahan Maksimalkan Peran Pokdarwis, Disparbud Jember Siap Bangkitkan Sektor Parekraf
JEMBER- Memaksimalkan peran dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di setiap desa di Jember, merupakan salah satu upaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jember untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) yang ada di Jember.

Kepala Disparbud Jember Harry Agustriono mengatakan, anggota Pokdarwis biasanya merupakan pemuda yang memiliki semangat tinggi untuk mengeksplor potensi yang dimiliki oleh desanya.

Hal tersebut, sejalan dengan kondisi Kabupaten Jember yang memiliki berbagai potensi untuk dijadikan destinasi wisata, maupun ekonomi kreatif.

Meski demikian dalam pengembangannya tentu membutuhkan pengelolaan yang maksimal dan peran serta dari masyarakat setempat, terutama para Pokdarwis.

"Peran masyarakat terutama Pokdarwis, ini dapat kita dorong untuk meningkatkan potensi wisata di Jember," katanya kepada suaraindonesia.co.id, Sabtu (10/9/2022).

Dirinya meyakini bahwa setiap daerah memiliki potensinya masing-masing. Menurutnya, alangkah baiknya jika setiap desa mampu melakukan sinergi dan kolaborasi demi melengkapi sajian wisata kepada pengunjung.

"Setiap daerah tentu punya potensinya sendiri, tapi tidak semuanya paket komplit. Jadi nanti bisa saling berkolaborasi," lanjutnya.

Harry menegaskan, sejauh ini pihaknya terus menggencarkan sosialisasi ke berbagai wilayah terkait pemaksimalan dan pengoptimalan potensi wisata, maupun ekonomi kreatif yang dimiliki oleh masyarakat setempat.

"Kita masuknya ya lewat teman-teman Pokdarwis itu," tandasnya.

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV