SUARA INDONESIA

Konsep Green Building Bandara Banyuwangi Diadaptasi Bandara Luar Daerah

Muhammad Nurul Yaqin - 06 July 2023 | 22:07 - Dibaca 1.52k kali
Pemerintahan Konsep Green Building Bandara Banyuwangi Diadaptasi Bandara Luar Daerah
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat mengunjungi pameran tentang bandara Banyuwangi dalam rangkaian Festival Arsitektur Nusantara di Gedung Djuang. (Foto: Istimewa).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Pameran tentang bandara Banyuwangi dalam rangkaian Festival Arsitektur Nusantara yang digelar di Gedung Djuang Banyuwangi mengungkapkan satu hal penting. Ternyata, bandara Banyuwangi menjadi patron pembangunan sejumlah bandara lainnya.

Mengusung konsep green building yang ramah lingkungan dan mengakomodir lokalitas yang menjadi ciri dari Bandara Banyuwangi, diadaptasi ke dalam pembangunan sejumlah bandara. Di antaranya adalah adalah Bandara Mandailing Natal dan bandara Sibisa Toba (Sumatera Utara), serta bandara Siboru Fak-Fak (Papua Barat).

“Ini tentu menjadi kebanggaan masyarakat Banyuwangi. Inovasi yang berasal dari daerah ternyata bisa diterima di tingkat nasional dan memberikan inspirasi,” ungkap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat pameran arsitektur yang menampilkan desain-desain bandara di Indonesia yang khas nusantara pada Rabu (05/07/2023). 

Ipuk menceritakan bahwa bandara Banyuwangi dengan konsep yang demikian tersebut terinspirasi dari Koh Samui Airport di Thailand. “Saat mendampingi Pak Anas (Bupati Banyuwangi 2010-2021) ke Thailand, kami tertarik dengan desain Koh Samui yang unik. Tidak seperti bandara-bandara lainnya,” ungkap Ipuk.

Atas inspirasi tersebut, lanjut Ipuk, Bupati Anas menggandeng arsitek Andra Matin untuk mewujudkan gagasannya tersebut. Selain itu, juga melibatkan sejumlah budayawan guna menggali inspirasi sisi lokalitas apa dari Banyuwangi yang akan ditonjolkan.

“Waktu itu prinsipnya, membangun bandara yang sustainable. Untuk mewujudkan bandara yang berkelanjutan tersebut, tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga mengakomodasi nilai-nilai lokal,” kenang Ipuk.

Dari serangkaian diskusi tersebut, akhirnya terwujudlah desain bandara sebagaimana diketahui hari ini. Dengan mengadaptasi bentuk udeng khas Banyuwangi dan aksentuasi rumput hijau di bagian atapnya, membuat bandara tersebut menjadi sangat unik dan khas.

Konsepnya yang ramah lingkungan, menonjolkan lokalitas dan tetap menjaga kehijauan disekitarnya membuat bandara ini diganjar Aga Khan Award for Architecture pada 2022. Penghargaan bergengsi bertaraf internasional ini, menasbihkan kembali Indonesia. Setelah terakhir diterima pada 1995 untuk bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

“PR kita sekarang adalah bagaimana menjaga dan mengembangkan bandara Banyuwangi sebaik-baiknya. Ini tidak sekadar bangunan dengan fungsinya yang tertentu, tapi ini adalah ikon daerah,” tegas Ipuk.

Menurut Andra Matin, arsitek bandara Banyuwangi, succes story di Banyuwangi itu menginspirasi daerah lain untuk mengadaptasi konsep yang sama. “Kami kemudian diminta untuk mendesain bandara dengan konsep serupa,” terang Andra Matin.

Tiga bandara yang sedang proses pembangunan di Sumatera Utara dan Papua Barat di atas, merupakan rancangan Andra Matin. Selain itu, Andra juga menggelar workshop bersama sejumlah arsitek lainnya untuk membangun bandara dengan konsep serupa. Dari hasil workshop itu, dihasilkan 12 rancangan bandara dengan konsep senada.

Di antaranya adalah Bandara Teluk Dalam, Salakanagara, Paloh, Maratua, Kabir-Alor, Pohuwato, Banggai Laut, Sitaro, Reni, Kabare, Dorehkar, dan Misool. Tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia.

Perlu diketahui, pameran tersebut akan berlangsung hingga 8 Juli 2023. Disajikan secara kronologis bagaimana proses perencanaan hingga pembangunan bandara Banyuwangi. Ada pula sejumlah maket bandara yang terinspirasi oleh bandara Banyuwangi.

Tidak sebatas tentang bandara, pameran juga menampilkan profil para peraih Aga Khan Award for Architecture dari masa ke masa. Termasuk beberapa di antaranya yang berasal dari Indonesia. Selain dua bandara, beberapa bangunan di Indonesia juga tercatat pernah meraih penghargaan yang sama. Mulai dari masjid, pesantren hingga komplek perkampungan. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024