SUARA INDONESIA

Tingkatan Pelayanan Komunikasi dan Informasi Berbasis Seluler, Pemda Puncak Jaya dan Telkomsel Teken MoU  

Mustakim Ali - 24 July 2023 | 09:07 - Dibaca 1.35k kali
Pemerintahan Tingkatan Pelayanan Komunikasi dan Informasi Berbasis Seluler, Pemda Puncak Jaya dan Telkomsel Teken MoU  
Pj. Bupati Puncak Jaya, Papua, Tumiran, S.Sos, M.AP didampingi Kepala Dinas Kominfo Akbar Fitrianto, S.STP, M.AP saat melakukan penandatangan Memorandum of Understandinng (MOU) dengan Telkomsel. (Foto: Mustakim Ali/Suaraindonesia.co.id).

JAYAPURA. Suaraindonesia.co.id  - Dalam rangka melaksanakan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Puncak Jaya, Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, didampingi Kepala Dinas Kominfo Akbar Fitrianto, menandatangani Memorandum of Understandinng (MOU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya dengan PT. Telkomsel yang berlangsung di Kemangi Resto, Kota Jayapura, Minggu (23/07/2023).

Kesepakatan kedua belah pihak yang diteken dilakukan, meliputi kontrak berlangganan dalam bidang kerjasama komunikasi dan fasilitas layanan digital, yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan pemerintah berupa komunikasi dan informasi berbasis seluler.

Manager Regional Enterprise Account Management Telkomsel Maluku and Papua, Aswin Farista menyebutkan bahwa Telkomsel akan terus memperkuat peran sebagai digital transformation enabler dengan konsisten membuka semua peluang kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Melalui semangat PAS (PastiAdaSolusi), kami akan menjadi rekan dalam mengakselerasikan transformasi dan pertumbuhan ekonomi Indonesia bersama pemerintah. Kesepakatan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Puncak Jaya adalah salah satu bukti kolaborasi untuk mewujudkan Program Digitalisasi Goverment (Pemerintah Daerah) agar pelayanan masyarakat semakin membaik." ujarnya. 

Aswin juga menambahkan bahwa Kerjasama ini merupakan kerjasama pertama Telkomsel untuk Pemda di pedalaman Provinsi Papua Tengah. Hal ini menjadi salah satu wujud nyata komitmen Pemda Kabupaten Puncak Jaya mengakselerasikan layanan berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakatnya.

Ditempat yang sama Pj. Bupati Puncak Jaya Tumiran, mengharapkan adanya peningkatan kualitas layanan jajaran pemda melalui jaringan telekomunikasi.

"Dengan kerjasama ini kami berharap tidak ada lagi jarak antara masyarakat dan pemerintah untuk mendapatkan layanan pemerintah meliputi Call Center Pemda yang akan dihubungkan kepada OPD layanan publik kedaruratan. Selain itu dengan fasilitas SMS Broadcast Pemda dapat memberikan informasi yang akurat melalui sms ke masyarakat Puncak Jaya untuk cepat menangkal hoax khususnya jelang pesta demokrasi yang sudah dekat," jelasnya.

Hal ini dilakukan mengingat selama ini masyarakat sangat kesulitan khususnya di daerah pedalaman untuk menelepon layanan kedaruratan seperti penjemputan ambulance, gangguan kamtibmas bahkan musibah kebakaran.

Disamping itu informasi yang disampaikan kepada masyarakat melalui publikasi keliling dirasa sangat tidak efisien dan efektif untuk menjangkau seluruh masyarakat di Puncak Jaya.

Pj. bupati juga mengapresiasi dan mengucap syukur atas terjalinnya kerjasama antara PT. Telkomsel Jayapura dengan Pemda Puncak Jaya dan berharap kedepan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan dan memberikan nilai manfaat bagi pembangunan di Puncak Jaya, khususnya peningkatan layanan publik berbasis elektronik. Selain itu dirinya berharap masyarakat dapat mendukung pelaksanaan kerja sama ini.

Kedepan pihaknya akan menindaklanjuti dengan menerbitkan beberapa regulasi dan pedoman sekaligus sosialisasi kepada masyarakat di Puncak Jaya guna pemanfaatannya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV

Pemerintahan

View All
EDISI, 14 MARET 2024
14 March 2024 - 19:03
EDISI, 14 MARET 2024
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
12 February 2024 - 17:02
EDISI, 12 FEBRUARI 2024
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
11 February 2024 - 07:02
EDISI, 11 FEBRUARI 2024
EDISI, 09 JANUARI 2024
09 February 2024 - 17:02
EDISI, 09 JANUARI 2024
EDISI, 08 FEBRUARI 2024
08 February 2024 - 17:02
EDISI, 08 FEBRUARI 2024