SUARA INDONESIA

Wow, Masjid Megah di Polres Tuban Telan Dana Hingga 7 Miliar

M. Efendi - 09 May 2021 | 11:05 - Dibaca 2.61k kali
Peristiwa Daerah Wow, Masjid Megah di Polres Tuban Telan Dana Hingga 7 Miliar
Potret Masjid Baitul Mu'min terlihat bagitu megah dari kejauhan, (Dok. Humas Polres Tuban)

TUBAN - Polres Tuban resmikan pembangunan Masjid dua lantai setinggi 15 meter dengan atap kubah berwarna kuning terlihat berdiri begitu megah. 

Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan, pembangunan Masjid Baitul Mu'min memakan waktu sekitar 8 bulan. Dengan ditandai peletakan batu pertama pada pertengahan bulan agustus tahun 2020 lalu dan pada akhirnya hari ini diresmikan.

"Pembangunan Masjid dua lantai dengan luas 20x25 meter persegi itu menghabiskan biaya sekitar 7 miliar, yang seluruhnya merupakan swadaya Personel Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak," ungkap AKBP Ruruh Wicaksono. Sabtu, (08/05/2021).

Lanjut, Ruruh sapaan akrabnya juga menjelaskan bangunan masjid Baitul Mu'min mempunyai ciri khas Timur tengah dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi. 

"Masjid besar ini mampu menampung hingga 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi Covid-19," imbuhnya.

Ruruh yang juga penggagas dari pembangunan masjid itu, mengungkapkan, ide untuk membangun masjid tersebut karena kondisi masjid lama yang kurang memadai. Bangunan Masjid yang didirikan sejak 15 tahun lalu diatas tanah seluas 16x16 meter itu hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal, dimana saat pandemi Covid-19 harus mengurangi daya tampung Masjid. 

"Ide Pembangunan Masjid ini pertama kali muncul ketika Saya sholat di masjid yang lama, seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudhunya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya juga terbatas," ucapnya.

Pria asal Ngawi itu juga menambahkan, dirinya mempunyai ide untuk membangun masjid bukan dalam rangka berlomba-lomba, melainkan bagaimana nantinya kita dapat memakmurkan dengan memanfaatkan untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunnah serta kegiatan keagamaan lainnya.

"Saya berharap pembangunan Masjid Baitul Mu'min tersebut dapat menumbuhkan motivasi personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," harap Ruruh.

Masih dikatakan lebih lanjut, selain digunakan oleh personel Polres Tuban, Masjid Baitul Mu'min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jama'ah dari luar Polres untuk melaksanakan ibadah.

"Pesan kami tolong siapapun nanti pemimpinnya, dirawat dan dijaga dengan betul karena ini usaha kita semua" pesan Ruruh.

Sekedar informasi, peresmian Masjid Baitul Mu'min diresmikan dengan ditandai penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tuban, Bupati Tuban dan Dandim 0811 Tuban. Usai diresmikan, Masjid Baitul Mu'min langsung digunakan untuk melaksanakan sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan sholat isya dan sholat Sunnah Tarawih. (Diah/Nang). 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M. Efendi
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV