SUARA INDONESIA

Curi Kotak Amal Masjid, Pria di Banyuwangi Diamankan Polisi

Muhammad Nurul Yaqin - 21 January 2022 | 10:01
Peristiwa Daerah Curi Kotak Amal Masjid, Pria di Banyuwangi Diamankan Polisi

BANYUWANGI- Dwi Rubiyanto (37), warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, diamankan polisi karena kasus pencurian.

Ia tertangkap basah saat sedang mencoba membobol kotak amal di Masjid Darul Hidayah, Dusun Umbulrejo, Desa Bagorejo, Kecamatan Srono, Kamis (20/1/2021).

Kapolsek Srono AKP Junaidi menyampaikan, peristiwa pencurian itu terjadi dini hari pada pukul 01.30 WIB. Aksi tersebut sudah direncanakan oleh pelaku.

Awalnya pelaku berangkat dari rumahnya sekitar pukul 00.00 WIB, dengan menggunakan sepeda motor Mio dengan nopol DK 8422 CR. 

"Tersangka kemudian menuju ke wilayah Kecamatan Srono, bermaksud mencari sasaran kotak amal di masjid untuk dicuri," katanya, Jumat (21/1/2022).

Sesampainya di TKP, pelaku melihat sebuah kotak amal dengan ukuran besar berada di teras masjid dan menghampirinya.

"Tersangka lalu merusak gembok dengan mencongkel menggunakan obeng," imbuh Kapolsek.

Aksi pelaku kemudian terungkap saat ia hendak membuka kotak amal yang sudah terlepas dari gembok di tempat wudhu selatan masjid.

"Ada warga yang melihatnya kemudian diteriaki. Sehingga tak berselang lama warga lainnya berdatangan," jelas Junaidi.

Warga kemudian melaporkan aksi pelaku kepada Polsek setempat. Unit Reskrim dan unit Intelkam Polsek Srono yang bertugas kala itu langsung mendatangi TKP.

"Tersangka langsung kita bawa bersama barang bukti ke-Mapolsek Srono untuk dilakukan proses lebih lanjut," kata Kapolsek.

Berdasarkan hasil pengembangan, lanjutnya, pelaku adalah residivis yang telah melakukan tindak pidana pencurian sebanyak dua kali. Pelaku juga telah mendapatkan putusan Pengadilan Negeri Banyuwangi pada tahun 2013 dan 2014.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku disangkakan Pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 5e KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan," tutup Kapolsek. (*)

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya