SUARA INDONESIA

Dramatis, Evakuasi Sapi Nyemplung Sumur di Banyuwangi Butuh Waktu 4 Jam

Muhammad Nurul Yaqin - 26 July 2023 | 13:07 - Dibaca 1.10k kali
Peristiwa Dramatis, Evakuasi Sapi Nyemplung Sumur di Banyuwangi Butuh Waktu 4 Jam
Proses evakuasi sapi nyemplung dalam sumur di Banyuwangi. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

BANYUWANGI, Suaraindonesia.co.id - Seekor sapi terperosok dan jatuh ke dalam sumur di Dusun Pekiringan, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono, Banyuwangi. Proses evakuasi itu harus melibatkan petugas pemadam kebakaran (Damkar).

Sapi dewasa yang terperosok ke sumur itu milik Wahyu Fitria Nor Saputra (22). Beruntung sapi tersebut berhasil diselamatkan meski harus dengan cara dan waktu yang cukup lama.

Setidaknya dibutuhkan selama 4 jam untuk mengevakuasi sapi berwarna coklat itu. Proses evakuasi dibantu warga setempat. Kurang lebih ada belasan orang yang ikut terlibat dalam evakuasi.

Awalnya tim terlebih dulu memasang penyangga katrol di atas permukaan sumur. Setelahnya, ada salah satu warga yang turun ke dalam sumur untuk mengikat tali pada tubuh sapi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Banyuwangi, Husnul Chotimah mengatakan, peristiwa sapi nyemplung dalam sumur itu terjadi pada Selasa (25/07/2023) kemarin.

Butuh teknik dan cara khusus untuk mengangkat sapi dari sumur sedalam sekitar 5 meter itu. 

"Beruntung, sapi dapat diangkat dalam keadaan selamat. Kondisi sapi hanya mengalami luka ringan di badan," ujarnya, Rabu (26/07/2023).

Husnul menyampaikan, proses evakuasi sapi milik warga ini memang membutuhkan perjuangan ekstra dari petugas damkar dan warga.

Selain sapi terus berontak ditambah bobotnya cukup berat, petugas juga terkendala alat yang digunakan untuk mengevakuasi.

"Sulitnya evakuasi karena sarana dan prasarana yang menggunakan alat seadanya, seperti tali tambang dan katrol milik warga. Tapi berkat gotong royong bisa teratasi," tuturnya.

Husnul menambahkan, kejadian terperosoknya sapi ke dalam sumur itu berawal saat pemilik sapi melakukan pemeliharaan dan memberinya makan.

Bersamaan dengan itu, tiba-tiba sapi berontak hingga tali pengikat di leher lepas. Sapi tersebut kemudian kabur ke rumah kosong yang baru dibangun.

"Ternyata di dalam rumah kosong itu ada sumur dalamnya sekitar 5 meter. Akhirnya sapi itu terjerembab," jelasnya.

Kejadian ini langsung dilaporkan ke Dinas Damkar dan Penyelamatan Banyuwangi. Petugas kemudian menuju lokasi untuk membantu proses pengangkatan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV