SUARA INDONESIA

Paslon Kuswanto-Kusnomo Serahkan Surat Keputusan Pensiun Dini Ke KPU Purworejo di Hari Terakhir

- 09 November 2020 | 19:11 - Dibaca 2.43k kali
Politik Paslon Kuswanto-Kusnomo Serahkan Surat Keputusan Pensiun Dini Ke KPU Purworejo di Hari Terakhir
Foto: Calon Bupati Purworejo, Kuswanto yang memakai masker putih saat menyerahkan surat Pensiun Dini

PURWOREJO, - Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Purworejo Kuswanto-Kusnomo nomor urut 02 atau yang akrab dipanggil Bung ToMo mendatangi KPU Purworejo, sekitar pukul 13.45 Wib, guna menyerahkan surat Pensun Dini .

Ketua KPU Purworejo, Dulrokhim mengatakan, hari ini adalah hari terakhir penyerahan berkas pemberhentian dari pihak yang berwenang.

"Dengan penyerahan surat keputusan pensiun dini pasangan calon nomor 02 tersebut maka semua berkas untuk paslon 01, paslon 02, dan paslon 03 sudah memenuhi syarat semua. Bahwa sebenarnya tanpa SK paslon sudah dapat mengikuti tahapan pilkada dengan hanya surat keterangan yang diberikan oleh instansi terkait," katanya Senin (09/11/2020).

Dulrokhim menjelaskan, menurut PKPU nomor 03 ayat 05 bahwa tidak ada konsekwensi hukum yang diterima paslon apabila tidak menyerahkan SK pensiun dini. Meskipun begitu SK wajib dikumpulkan agar kedepannya tidak ada masalah yang disebabkan oleh surat tersebut. 

"Setelah ini akan kita laksanakan debat calon yang akan kita laksanakan Jumat malam pada tanggal 13 November 2020, dan debat kedua akan kita laksanakan pada 27 November," ungkapnya.

Sementara itu, Calon Bupati Purworejo, Kuswanto mendatangi KPU Purworejo, ditemani beberapa relawannya mengatakan, jadi sebelum mendatangi KPU kami mendatangi tempat para tokoh nasional yang ada di Purworejo. Menurutnya secara kebetulan saja ia menyerahkan surat tersebut pada hari terakhir dari waktu yang diberikan KPU. 

"Tadi pagi kita ada jadwal yaitu kunjungan ke tokoh-tokoh nasional yang ada di Purworejo. Kebetulan siang ini kita bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawab kami," jelasnya. 

Kuswanto menambahkan, sebenarnya surat keputusan pensiun dini dari pasangan Bung ToMo sudah turun sejak beberapa waktu yang lalu khusus untuk saya karena pangkatnya terakhir kolonel maka surat pengunduran diri itu memerlukan Keputusan Presiden.

"Sekarang saya sudah menjadi warga biasa yang mempunyai hak pilih dan dipilih oleh rakyat. Alhamdulillah tanggal 20 Oktober kemarin, Kepres sudah terbit bahwa kolonel Kuswanto sudah pensiun, saya sekarang sudah menjadi rakyat biasa," pungkasnya. (Agus.S)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV