SUARA INDONESIA

Jelang Pemilu 2024, KPU Banyuwangi Gelar Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan Surat Suara

Muhammad Nurul Yaqin - 28 January 2024 | 17:01 - Dibaca 417 kali
Politik Jelang Pemilu 2024, KPU Banyuwangi Gelar Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan Surat Suara
Simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melakukan kegiatan simulasi pencoblosan dan penghitungan surat suara Pemilu 2024 di lapangan Wirabumi, Kecamatan Srono, Minggu (28/1/2024).

Adapun, kegiatan Simulasi Pencoblosan dan Penghitungan Surat Suara Pemilu 2024 ini diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banyuwangi dan perwakilan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang ada di sekitar Srono.

Ketua KPU Kabupaten Banyuwangi, Dwi Anggraini Rahman, mengatakan simulasi ini merupakan instruksi dari KPU pusat agar petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dapat mengetahui alur saat hari pencoblosan. 

Dalam simulasi tersebut, para petugas KPPS disimulasikan untuk melakukan proses pemungutan suara, mulai dari pendaftaran pemilih, pencoblosan, hingga penghitungan suara.

"Simulasi ini kami lakukan agar petugas KPPS dapat memahami proses pemungutan dan penghitungan suara dengan baik. Sehingga, pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan aman," ungkap Dwi.

Komisioner Divisi Teknis KPU Banyuwangi, Ari Mustofa menambahkan, para PPK dan PPS yang hadir pada simulasi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi petugas KPPS. 

Sehingga, lanjut Ari, mereka dapat melaksanakan simulasi tersebut secara mandiri di TPS masing-masing.

"Kami berharap, simulasi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi petugas KPPS. Sehingga, jika ada permasalahan bisa tanggap dalam menyelesaikannya sesuai aturan dari KPU," kata Ari. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV