SUARA INDONESIA

Survei JRTDC: Gerindra Berpeluang Menang Dua Kursi DPR RI di Dapil Jember-Lumajang, Nama Kawendra Melesat

Yuni Amalia - 05 February 2024 | 18:02 - Dibaca 2.01k kali
Politik Survei JRTDC: Gerindra Berpeluang Menang Dua Kursi DPR RI di Dapil Jember-Lumajang, Nama Kawendra Melesat
Kawendra Lukistan atau Mas Kawe saat menyapa pendukungnya. (Foto: Istimewa)

SUARA INDONESIA, JEMBER- Partai Gerindra berpeluang mendapatkan dua kursi DPR RI pada Pemilu 2024 untuk daerah pemilihan (dapil) IV Jember-Lumajang.

Hasil ini berdasarkan survei yang dilakukan Jember Research, Trainer and Development Center (JRTDC), lembaga survei lokal yang memiliki perhatian terhadap isu sosial, politik dan pendidikan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Survei ini menghasilkan informasi tentang posisi Gerindra sebagai partai pemenang di Jember dan Jawa Timur mengalahkan partai lainnya. 

Kemenangan Gerindra juga berbanding lurus dengan keterpilihan Prabowo Subianto di Dapil IV sebagai Presiden yang berada di angka 54 persen.

Sementara itu, keterpilihan wakil rakyat untuk DPR RI di Dapil IV dapat dipastikan memiliki perwakilan dua kursi. Salah satunya adalah Kawendra Lukistian (Mas Kawe).

Masuknya Kawendra ini disebabkan oleh kerja electoral tim dan mesin tandem yang massif serta faktor ketokohan Prabowo Subianto sebagai pimpinan partai. 

Variable lain yang ikut menjadi preferensi bagi basis pemilih untuk Kawendra adalah peranannya sebagai Ketua Umum Gerakan ekonomi kreatif Nasional (Gekrafs) yang kerap kali berhubungan langsung dengan kepentingan-kepentingan masyarakat dalam bidang ekonomi. 

Faktor ini juga akan menjadi visi dan dasar perjuangan Kawendra ketika ia berada di Parlemen mendatang. 

Sebagai informasi, Jember Research, Trainer and Development Center (JRTDC) merupakan salah satu Lembaga survei lokal yang memiliki perhatian terhadap isu-isu sosial, politik dan pendidikan di Kabupaten Jember. 

Baru-baru ini, JRTDC melakukan survei politik yang berhubungan pemilu 2024. Survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif. 

Survei ini dilakukan dengan melibatkan 378 surveyor yang tersebar di seluruh wilayah Dapil IV Jember-Lumajang. 

Dengan sebaran surveyor 1 orang 1 desa di seluruh dapil IV Jawa Timur (Jember - Lumajang). Survei dilakukan secara tatap muka dengan cara surveyor menginput respons pada link google form yang telah disediakan oleh tim survei. 

Metode penentuan sampel dalam survei ini menggunakan teknik purposive dengan kuota tertentu. Kriteria sampel dalam survei ini adalah sebagai berikut:

1. Berusia di atas 17 tahun 

2. Memiliki hak pilih/ terdaftar dalam DPT Pemilu 2024.

3. Bertempat tinggal di wilayah DAPIL IV (Jember - Lumajang). Pelaksanaan survey di lakukan mulai tanggal 15 Januari 2024 sampai dengan 02 Februari 2024. 

Derajat kepercayaan survey ini berada di angka 95 persen. Artinya sebanyak 95 persen hasil survei mengandung probabilitas benar, dan 5 persen sisanya adalah kemungkinan hasil dari survei mengandung kesalahan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV