SUARA INDONESIA

Soal Kemungkinan Pilpres 1 Putaran, Ini Survei Terbaru LSI Hari Ini!

Aris Danu - 10 February 2024 | 17:02 - Dibaca 735 kali
Politik Soal Kemungkinan Pilpres 1 Putaran, Ini Survei Terbaru LSI Hari Ini!
LSI merilis survei terbaru soal Pilpres 2024

JAKARTA, SUARA INDONESIA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) kembali merilis hasil survei elektabilitas pasangan capres-cawapres di akhir masa kampanye Pilpres 2024, Sabtu (10/2/2024).

Dalam surveinya, LSI merilis hasil simulasi surat suara pasangan capres-cawapres yang menunjukkan bahwa elektabilitas paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di angka lebih dari 50 persen. Hasil itu menjadikan Prabowo-Gibram berpeluang menang satu putaran dalam Pilpres 2024.

Dalam simulasinya, LSI menampilkan pertanyaan kepada responde 'jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden di antara pasangan berikut ini?'.

Hasil simulasi dari pertanyaan itu menunjukkan bahwa paslon Prabowo-Gibran berada di angka 51,9 persen. Sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,3 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD ada di angka 20,3 persen. Sementara itu, responden yang belum memberikan jawaban sebanyak 4,4 persen.

"Pertanyaan tadi, satu atau dua putaran kalau angka ini memang terjadi pada hari-H bahwa kemungkinan besar bakal satu putaran," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan di Jakarta, Sabtu (10/2/2024).

Di sisi lain, LSI juga melakukan survei dengan simulasi tertutup tiga nama capres. Pertanyaan pada simulasi itu yakni 'jika pemiliham Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai Presiden dan di nama-nama berikut ini?'.

Pada simulasi tertutup tiga nama tanpa cawapres, Prabowo Subianto kembali berada di posisi teratas dengan angka 50,0 persen. Di posisi kedua ada Anies Baswedan dengan 22,7 persen dan posisi terendah 19,6 persen yang ditempati Ganjar Pranowo.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan kuesioner pada 1.220 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan pada tanggal 29 Januari-5 Februari 2024 dengan margin of error +- 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara yang sudah terlatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV