SUARA INDONESIA

Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Dimulai di Banyuwangi, KPU Target Rampung Empat Hari

Muhammad Nurul Yaqin - 28 February 2024 | 21:02 - Dibaca 835 kali
Politik Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten Dimulai di Banyuwangi, KPU Target Rampung Empat Hari
Pleno rekapitulasi suara pemilu 2024 di tingkat KPU Kabupaten Banyuwangi telah dimulai dan ditargetkan selesai empat hari mendatang. (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - Pleno rekapitulasi suara pemilu 2024 tingkat kabupaten di Banyuwangi, Jawa Timur, dimulai Rabu (28/2/2024) siang.

Rekapitulasi dilakukan di Ballroom El Royale Hotel Banyuwangi. KPU menargetkan, penghitungan tingkat kabupaten tuntas empat hari mendatang.

“Rencananya rekapitulasi ini akan dilakukan secara bertahap selama 4 hari mendatang. Terhitung mulai tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2024,” kata Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni Rahman.

Proses rekapitulasi ini diikuti oleh Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Bawaslu dan dihadiri oleh sejumlah saksi para peserta pemilu 2024. Proses rekapitulasi ini juga dijaga ketat oleh personel kepolisian dan TNI. 

Proses rekapitulasi dimulai dari Dapil Banyuwangi 8 (Giri, Wongsorejo, Kalipuro dan Licin) dan Banyuwangi 7 (Singojuruh, Songgon dan Sempu). Sementara dapil 1 hingga 6 akan direkap mulai esok. 

Dwi berharap rekapitulasi ini dapat berlangsung aman dan damai. Dia juga menyampaikan permohonan maafnya apabila dalam pelaksanaan Pemilu di Banyuwangi terdapat kendala dalam setiap tahapannya. 

"Kami berharap proses rekapitulasi tingkat kabupaten ini berjalan aman dan lancar. Kami menyampaikan terimakasih dan mohon maaf apabila ada kendala dalam setiap tahapan pemilu di Banyuwangi," kata Dwi. 

Sementara Wakapolresta Banyuwangi, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan juga berharap rekapitulasi tingkat kabupaten bisa berjalan aman, nyaman, dan kondusif. 

Menurutnya, keamanan dan kondusifitas wilayah Banyuwangi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama, tidak hanya Polri.

"Dan Alhamdulillah seluruh tahapan Pemilu 2024 di Banyuwangi yang berjalan sampai saat ini berjalan aman, nyaman, dan damai," kata dia. 

Dia berharap pleno rekapitulasi tingkat kabupaten ini terselenggara dengan sebaik-baiknya.

"Pleno rekapitulasi ini juga juga ditonton oleh seluruh masyarakat melalui streaming, maka dari itu mari kita tunjukkan bahwa kita warga Banyuwangi yang bermartabat," jelasnya. 

Apapun dinamikanya ataupun persoalan yang terjadi, diselesaikan sesuai mekanisme, jangan sampai terlalu emosi. Saya yakin bisa dibicarakan.

"Kalau persoalan yang terjadi di dapurnya sendiri, maka selesaikan di dapurnya sendiri, jangan terlalu gaduh. Silahkan diselesaikan dengan sebaik-baiknya, karena semua akan indah pada waktunya," pungkasnya. 

Ia juga mengingatkan bahwa apapun yang terjadi di ruangan telah terekam. Ia juga meminta agar video itu terus menyala. 

"Saya minta video streaming yang ada disini jangan sampai mati. kalau sebatas diskusi, kami tidak terlalu ikut campur. Tapi kalau ada hal-hal yang mengarah pada pidana, kita siap mengambil langkah apabila dibutuhkan," tegasnya.

Hingga malam, rekapitulasi di tingkat KPU Banyuwangi itu masih terus berlangsung. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV