SUARA INDONESIA

19 Anggota DPRD Situbondo Periode 2024-2029 Akan Diisi Oleh Wajah Baru

Syamsuri - 18 March 2024 | 21:03 - Dibaca 1.01k kali
Politik 19 Anggota DPRD Situbondo Periode 2024-2029 Akan Diisi Oleh Wajah Baru
Sebanyak 45 Anggota DPRD Situbondo saat mengikuti rapat paripurna di aula lantai II DPRD Situbondo. (Foto :Syamsuri/ Suaraindonesia.co.id)

SUARA INDONESIA, SITUBONDO – Dari total 45 anggota DPRD Situbondo periode 2024 - 2029, Sebanyak 19 orang akan diisi oleh wajah baru.

Perubahan tersebut terjadi karena banyaknya wakil rakyat dari incumbent  yang tumbang dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2024 ini.

Sekretaris DPC PKB Situbondo, Mahbup Junaidi mengatakan, hasil perolehan suara pada pemilu 2024, partai PKB masih tetap bertahan menduduki peringkat pertama dalam perolehan kursi parlemen,yakni sebanyak 13 kursi dari 45 jumlah kursi yang ada di DPRD.

Hanya saja yang membedakan dengan hasil pemilu tahun 2019 dengan tahun ini adalah perolehan suara partai.

“Untuk tahun 2019 perolehan suara PKB mencapai  kurang lebih 108 ribu suara, sedangkan pada pemilu tahun ini mendapat suara 118 ribu lebih, artinya bertambah 10 ribu lebih,” ujarnya, Senin (18/3) kemarin.

Lebih lanjut Pria yang akrab disapa Mahbub itu mengatakan, dari jumlah 13 caleg yang akan melenggang ke DPRD Situbondo, 5 orang itu akan diisi oleh wajah baru.. Dia adalah adalah Zulfikar Purnama dari daerah pemilihan (dapil) satu (situbondo-Panji), lalu Fadlailul Wafi dari dapil tiga (Arjasa-Jangkar). Kemudian, Maria Ulfa dapil empat (Asembagus-Banyuputih), Yazid Hasim dari dapil lima (Panarukan-Kendit) dan Muzammil dari dapil enam (Bungatan, Mlandingan, Suboh, Sumbermalang).

Sedangkan anggota DPRD petahana yang gagal menuju jalan kenanga itu ada 4 orang.

“Anggota DPRD dari petahana yang ikut pemilu lagi tapi tidak lolos itu ada empat orang. Sedangkan satu orang atas nama Bhasori sanhaji memang memutuskan untuk tidak ikut pemilu 2024 lagi,” jelasnya.

Selain itu, Mahbup mengatakan,  untuk jumlah anggota DPRD ada 19 orang itu diisi oleh wajah baru yang akan menduduki kursi dewan.

Mereka semua itu berasal dari sejumlah partai politik.
“Kalau tidak salah ada 19 orang anggota DPRD berasal dari pendatang baru yang akan mengisi di periode 2024-2029. Artinya Hampir 40 persen lebih diisi wakil rakyat wajah baru,” tandasnya.
 
Sementara itu, Ketua DPC PPP Situbondo, Zeiniye mengatakan, perolehan suara partainya di pemilu 2024 tetap memiliki kursi terbanyak kedua dengan total suara  sebanyak 82.216. Meskipun demikian ada beberapa dari petahana yang tidak lolos, namun berhasil diisi dengan pendatang baru di beberapa dapil.

“Pada pemilu tahun 2019 lalu, PPP berhasil meraih tiga kursi di dapil tiga, namun sekarang berkurang. Tetapi alhamdulillah diganti di dapil lain,” jelasnya.

Data yang dihimpun media ini, beberapa wajah baru dari partai PPP itu adalah Nuril Hasinah dari dapil empat, Ummi Maslahah dari dapil lima. Kemudian, Irma Noervadila dari dapil enam dan Muhammad Hasan Iliyin berasal dari dapil tujuh.

Senentara itu, untuk urutan tertinggi ketiga dengan perolehan suara partai sebanyak 44.164 suara, diraih oleh Partai bergambar burung garuda, yaitu mendapat jatah enam kursi. Namun dari beberapa caleg tersebut sebagian besar diisi wajah baru. Yakni Afif Reza dapil dua, Andrian dari dapil empat dan Hambali dari dapil tujuh.

Kemudian, partai PDIP menduduki urutan kempat dengan perolehan lima kursi setelah berhasil mendapat 37.016 suara. Rata-rata diisi oleh petahana, sedangkan anggota dewan yang baru adalah Supoyo dari dapil enam. Sedangkan partai Golkar mendapatkan jumlah kursi yang sama dengan Partai PDIP. Ada dua anggota dewan baru yang lolos ke DPRD, yakni Syaifullah dari dapil satu dan Rahmad dari dapil lima.

Terakhir partai Nasdem mempu meraih suara terbanyak berikutnya dengan jumlah suara 21.331. Setidaknya ada dua calon anggota dewan yang akan duduk di kursi DPRD, yakni Hartanto dari dapil tiga dan Prasetyo dari dapil tujuh. Sedangkan Partai Hanura mampu meraih suara 10.180 dan Partai PKS 16.193 suara semuanya diisi oleh petahana. (Sy)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV