SUARA INDONESIA

Tanpa Mahar, NasDem Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 01 May 2024 | 14:05 - Dibaca 922 kali
Politik Tanpa Mahar, NasDem Buka Pendaftaran Cabup-Cawabup Banyuwangi
DPD NasDem Banyuwangi buka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati di Pilkada 2024, Rabu (1/5/2024). (Foto: Muhammad Nurul Yaqin/suaraindonesia.co.id).

SUARA INDONESIA, BANYUWANGI - DPD Partai NasDem Banyuwangi membuka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati potensial yang siap maju di Pilkada 2024 dengan tagline “NasDem Memanggil”.

Pendaftaran dibuka untuk umum. Tidak hanya diperuntukkan bagi anggota partai politik. Namun juga berlaku bagi masyarakat yang memiliki potensi dan dapat memenuhi syarat.

Ketua Desk Pilkada DPD NasDem Banyuwangi, Thatet Yuniarto mengatakan, pendaftaran bakal cabup dan cawabup dibuka mulai tanggal 1-7 Mei 2024.

Masyarakat yang ingin maju sebagai cabup dan cawabup Banyuwangi bisa langsung mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD Nasdem pada pukul kerja pukul 09.00-15.00 WIB.

“Khusus hari terakhir di tanggal 7 Mei, kami melayani pendaftaran pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB,” kata Thatet di kantor DPD NasDem Banyuwangi, Rabu (1/5/2024).

Thatet menjelaskan, pendaftaran cabup-cawabup NasDem ini tanpa mahar alias tidak dipungut biaya sepeserpun. Namun, lanjutnya, ada syarat-syarat khusus bagi cabup dan cawabup yang harus dipenuhi peserta. 

Salah satunya, peserta diwajibkan menggandeng lembaga survei politik tersertifikasi yang sudah ditetapkan oleh NasDem.

“Lembaga survei ini nantinya akan membantu partai dalam rangka memenangkan kontestasi Pilkada Banyuwangi,” ujarnya.

Thatet menambahkan, pendaftaran cabup-cawabup tidak hanya bisa dilakukan di DPD NasDem Banyuwangi. Peserta yang berminat juga bisa mendaftar di DPW NasDem Jatim atau langsung di DPP NasDem.

Para peserta yang mendaftar nantinya akan dijaring. Berkas-berkas peserta yang memenuhi syarat seluruhnya akan dikirim ke DPP melalui DPW untuk diputuskan.

“Seluruh keputusan siapa yang nantinya ditunjuk oleh NasDem mutlak dari DPP. Kami di daerah hanya menjalankan tugas sesuai petunjuk pusat,” kata Thatet.

Sebelum rekom DPP turun, ia mengutarakan, peserta akan menjalani tes dari NasDem. Diantaranya pre test dan tes wawasan kebangsaan. 

“Selain itu ada juga sekolah calon kepala daerah yang dilakukan oleh DPP,” sambungnya.

NasDem berharap, siapa saja yang memiliki keinginan serta kompetensi baik menjadi cabup dan cawabup di Pilkada Banyuwangi 2024 bisa langsung mendaftar sesuai jadwal yang ditetapkan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV