SUARA INDONESIA

KPU Bondowoso Rapat Pleno Tetapkan Sebanyak 602.444 Orang DPS

Bahrullah - 11 August 2024 | 17:08 - Dibaca 2.37k kali
Politik KPU Bondowoso Rapat Pleno Tetapkan Sebanyak 602.444 Orang DPS
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPHP dan penetapan DPS pada Pilkada serentak 2024

SUARAINDONESIA,BONDOWOSO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menggelar rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dengan menetapkan sebanyak 602.444 orang sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS).

DPS yang sudah ditetapkan melalui pleno tingkat kabupaten untuk Pilkada 2024 itu sebanyak 602.444 dengan rincian laki-laki 291.491 orang dan perempuan 310.953 orang.

Data DPHP yang ditetapkan DPS itu adalah hasil pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Ketua KPU Bondowoso, Sudaedi saat rapat pleno terbuka berlangsung di aula Dinas Pariwisata Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dan melibatkan seluruh PPK di 23 kecamatan, Minggu (11/8/2024).

"Sebelum pleno di kabupaten, pleno telah dilaksanakan di tingkat PPS di Desa dan tingkat PPK di kecamatan," ujarnya.

Kata Sudaedi, meski rapat pleno penetapan DPS dilaksanakan masyarakat dipersilahkan menyampaikan masukan jika ada ke KPU Bondowoso.

Menurut Sudaedi, data DPS sifatnya masih dinamis sampai nanti penetapan daftar pemilih tetap (DPT) hingga nanti menjelang pemungutan suara.

Setelah itu DPS ditetapkan masih ada tanggapan masyarakat selama 10 hari.

"Setelah itu lima hari berikutnya akan dilaksanakan pleno DPSHP (daftar pemilih sementara hasil perbaikan). Data ini pun masih dinamis,” imbuh dia.

Dia pun juga mengakui terdapat permasalahan kecil saat proses coklit dilaksanakan kemarin, seperti data orang meninggal masih terdaftar. Hal itu menjadi tugas Pemkab melalui Dispendukcapil.

“Karena kartu kartu kematian di Bondowoso jarang digunakan,” terang dia saat dikonfirmasi. 

DPS ini nanti kemungkinan akan bertambah karena datanya terus bergerak. Tetapi KPU tidak bisa memprediksi berapa persen tambahannya.

“Bisa saja dalam empat bulan ke depan ada orang pindah ke sini. Kita kan gak tahu. Bisa saja TNI-Polri yang pensiun bisa jadi pemilih,” jelas dia.

Sementara untuk jumlah tempat pemilihan suara (TPS) se-Kabupaten Bondowoso, sebanyak 1.202 termasuk TPS khusus Lapas Klas IIB. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV